Kompas TV internasional kompas dunia

Malaysia Desak Dewan Keamanan PBB Tindak Israel: Segera Akhiri Genosida di Gaza

Kompas.tv - 17 Oktober 2024, 21:39 WIB
malaysia-desak-dewan-keamanan-pbb-tindak-israel-segera-akhiri-genosida-di-gaza
Perdana Menteri Malaysia Anwar Ibrahim berbicara dengan Presiden Rusia Vladimir Putin di sela-sela Forum Ekonomi Timur di Vladivostok, Rusia, Rabu (4/9/2024). (Sumber: Kristina Kormilitsyna, Sputnik, Kremlin Pool Photo via AP)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Edy A. Putra

 

KUALA LUMPUR, KOMPAS.TV - Malaysia mendesak Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) segera menindak Israel sehubungan genosida di Jalur Gaza dan mengutuk agresi Israel ke enklave tersebut.

Kementerian Luar Negeri Malaysia menegaskan genosida Israel di Jalur Gaza harus segera diakhiri.

Malaysia juga mengecam pengepungan Israel terhadap Kamp Pengungsi Jabaliya di utara Gaza. Israel dilaporkan melarang hampir seluruh makanan masuk ke wilayah utara Gaza yang membuat sekitar 400.000 penduduk Palestina terancam kelaparan.

Pemerintahan Anwar Ibrahim pun mengecam serangan Israel ke Rumah Sakit Syuhada Al-Aqsa yang membuat pasien terbakar hidup-hidup pada Senin (14/10/2024) lalu.

Baca Juga: 12 Hari Sudah Israel Kepung Utara Gaza, 400.000 Warga Palestina Terancam Kelaparan

Malaysia menyatakan rekaman pasien yang terbakar hidup-hidup di Rumah Sakit Al-Aqsa hanyalah sebagian kecil dari "kejahatan perang Zionis" dalam genosida yang masih berlangsung di Gaza.

"Gambar seperti itu menunjukkan ciri kampanye teroris rezim Zionis Israel yang menghancurkan, terbukti bertujuan memusnahkan masyarakat Palestina dan membuat Gaza tidak bisa dihuni," bunyi pernyataan Kementerian Luar Negeri Malaysia, Kamis (17/10), dikutip Bernama.

Malapetaka kemanusiaan akibat serangan Israel di Gaza dinilai telah mencapai tingkat yang "tidak terduga."

Malaysia menuduh Israel "melakukan pembantaian" dan menepis upaya internasional untuk mencapai resolusi damai dengan Palestina.

Pemerintah Malaysia pun mendesak Dewan Keamanan PBB menjalankan tugas sesuai mandat dengan menghentikan Israel. Kediaman internasional atas aksi Israel di Gaza dinilai sebagai bentuk keterlibatan atas genosida.

"Malaysia kembali mendesak agar genosida di Gaza segera diakhiri."

"Kami menuntut Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa memenuhi tanggung jawabnya sesuai Piagam (PBB) dengan menuntut rezim Zionis Israel bertanggung jawab atas tindakannya dan menegakkan kesucian hukum internasional demi mengakhiri impunitas Israel."

Baca Juga: Organisasi HAM Sebut Israel Pakai Robot Bom Bunuh Diri di Gaza: Pelanggaran Hukum Internasional


 




Sumber : Bernama




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x