Kompas TV internasional kompas dunia

KRI Bima Suci Berlabuh di Manila: Diplomasi Budaya dan Persahabatan Indonesia-Filipina

Kompas.tv - 16 Oktober 2024, 10:43 WIB
kri-bima-suci-berlabuh-di-manila-diplomasi-budaya-dan-persahabatan-indonesia-filipina
Kapal layar latih milik TNI Angkatan Laut, KRI Bima Suci-945, berlabuh di Pier 15, Port Harbour, Manila, Filipina, pada Selasa (15/10/2024). (Sumber: KBRI Manila)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Iman Firdaus

MANILA, KOMPAS.TV - Kapal layar latih milik TNI Angkatan Laut, KRI Bima Suci-945, berlabuh di Pier 15, Port Harbour, Manila, Filipina, pada Selasa (15/10/2024). 

Kedatangan kapal yang dikenal sebagai “Floating Ambassador of Goodwill” ini disambut oleh Duta Besar Republik Indonesia untuk Filipina, Letjen TNI (Purn) Agus Widjojo, bersama Panglima Komando Armada III, Laksamana Muda TNI Hersan, S.H., M.Si., dan Commander Littoral Combat Force (LCF) Filipina, Commodore Vincent J. Sibala PN.

KRI Bima Suci hadir dalam rangkaian perayaan 75 tahun hubungan diplomatik antara Indonesia dan Filipina. 

Kunjungan goodwill ini berlangsung dari 15 hingga 18 Oktober 2024, dengan berbagai kegiatan budaya dan diplomasi, seperti parade drum band, kirab budaya, pertunjukan seni, hingga cocktail reception.

Dalam sambutannya, Dubes Agus Widjojo menegaskan bahwa KRI Bima Suci memainkan peran penting dalam mempererat hubungan diplomatik Indonesia dengan negara-negara sahabat. 

“Karena dikenal sebagai “Floating Ambassador of Goodwill” yang berlayar dan melakukan kunjungan ke pelabuhan-pelabuhan di seluruh dunia,” ujar Agus dalam rilis yang diterima KompasTV.

Agus juga menyampaikan kebanggaannya kepada para taruna Akademi Angkatan Laut (AAL) yang turut serta dalam pelayaran ini. 

“Saya bangga pada kalian. KRI Bima Suci menjadi representatif negara kita,” tambahnya.

Baca Juga: Jokowi Terima Brevet Kehormatan Hiu Kencana di Atas KRI RJW-992

Selama empat hari berada di Manila, KRI Bima Suci akan menyelenggarakan berbagai kegiatan yang bertujuan memperkenalkan budaya Indonesia kepada masyarakat Filipina. 

Salah satunya adalah kirab budaya yang akan digelar pada 16 Oktober 2024, dengan partisipasi taruna AAL dan diaspora Indonesia di Manila.

Kirab budaya ini akan dimulai dari kantor KBRI Manila di Salcedo Street, menuju Taman Legazpi di Makati, Manila. 

Parade tersebut akan menampilkan kolaborasi budaya antara Indonesia dan Filipina, di mana peserta kirab mengenakan pakaian adat masing-masing negara. 

“Para diaspora Indonesia akan hadir bahkan sudah 20 pastor dan biarawati ikut memeriahkan,” kata Atase Pertahanan KBRI Manila, Kolonel Laut (T) Bambang Wijonarko, yang juga ketua panitia kunjungan KRI Bima Suci.




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x