Kompas TV internasional kompas dunia

Joe Biden Kirim Delegasi Hadiri Pelantikan Prabowo dan Gibran, Hanya Setingkat Dubes AS di PBB

Kompas.tv - 12 Oktober 2024, 19:43 WIB
joe-biden-kirim-delegasi-hadiri-pelantikan-prabowo-dan-gibran-hanya-setingkat-dubes-as-di-pbb
Duta Besar AS untuk Perserikatan Bangsa-Bangsa, Linda Thomas-Greenfield berbicara kepada wartawan selama konferensi pers di markas besar Perserikatan Bangsa-Bangsa. (Sumber: AP Photo/Mary Altaffer, File)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS TV – Gedung Putih mengumumkan bahwa Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden mengutus delegasi kepresidenan untuk menghadiri pelantikan Presiden terpilih RI, Prabowo Subianto, pada 20 Oktober 2024 mendatang, namun hanya dipimpin delegasi setingkat duta besar AS di PBB. 

“Presiden AS Joseph R. Biden, Jr. mengumumkan penunjukan delegasi kepresidenan untuk menghadiri pelantikan Yang Mulia Prabowo Subianto pada 20 Oktober 2024, di Jakarta, Indonesia,” demikian menurut siaran pers Kedubes AS di Jakarta, Sabtu (12/10/2024).

Delegasi tersebut akan dipimpin oleh Perwakilan Tetap Amerika Serikat untuk Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), Linda Thomas-Greenfield.

Baca Juga: Anies Akan Hadir Pelantikan Prabowo-Gibran: Penghargaan Proses Demokrasi

Anggota delegasi lainnya termasuk Duta Besar AS untuk Indonesia Kamala Shirin Lakhdhir, Wakil Menteri Perdagangan Don Graves, Panglima Komando Indo-Pasifik Departemen Pertahanan AS Laksamana Samuel Paparo.

Selain itu, Asisten Menteri Luar Negeri AS untuk Urusan Asia Timur dan Pasifik Daniel J. Kritenbrink, serta Asisten Khusus Presiden sekaligus Direktur Senior untuk Asia Timur dan Oseania di Dewan Keamanan Nasional (NSC), Gedung Putih, Mira Rapp-Hooper juga akan hadir.

Pelantikan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka sebagai Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia periode 2024–2029 akan berlangsung pada 20 Oktober 2024 pukul 10.00 WIB di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta.

Baca Juga: Ganjar Mengaku Siap Hadiri Pelantikan Prabowo-Gibran: Kalau Diundang, Ya, Hadir

Seluruh kandidat peserta Pilpres 2024 dan pimpinan partai politik peserta Pemilu 2024 diundang untuk menghadiri prosesi pelantikan tersebut.

Setelah pelantikan, Prabowo dan Gibran akan melanjutkan ke Istana Kepresidenan untuk mengikuti prosesi pisah sambut dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi).


 




Sumber : White House / Antara




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x