Kompas TV internasional kompas dunia

21 Kardinal Baru Vatikan yang Diumumkan Paus Fransiskus, Salah Satunya Uskup Bogor

Kompas.tv - 7 Oktober 2024, 14:56 WIB
21-kardinal-baru-vatikan-yang-diumumkan-paus-fransiskus-salah-satunya-uskup-bogor
Paus Fransiskus saat berada di Gereja Katedral di Jalan Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, Rabu (4/9/2024). (Sumber: Indonesia Papal Visit Committee)
Penulis : Dian Nita | Editor : Gading Persada

VATIKAN, KOMPAS.TV - Paus Fransiskus mengumumkan pembentukan 21 kardinal baru dari perwakilan seluruh dunia.

Hal itu dilaksanakan usai doa Angelus (doa Malaikat Tuhan) di halaman Basilika Santo Petrus Vatikan pada Minggu (6/10/2024).

Dari 21 kardinal yang diumumkan, salah satunya yakni uskup asal Indonesia, yaitu Uskup Keuskupan Bogor Mgr. Paskalis Bruno Syukur, OFM.

Dikutip dari Vatican News, Paus Fransiskus bakal mengadakan Konsistori (pertemuan Dewan Kardinal Gereja Katolik Roma) untuk pembentukan kardinal baru pada 8 Desember 2024 di Vatikan.

Baca Juga: Paus Fransiskus: Tindakan Israel di Gaza dan Lebanon Tidak Bermoral dan Melampaui Batas

Paus mengatakan bahwa ia akan mengadakan Konsistori untuk pembentukan Kardinal baru pada Hari Raya Maria Dikandung Tanpa Noda, di Vatikan.

Paus Fransiskus menegaskan bahwa para Kardinal terpilih ini berasal dari seluruh dunia yang menegaskan universilitas gereja Katolik Roma.  

"Asal-usul mereka, mengungkapkan universalitas Gereja, yang terus mewartakan kasih Allah yang penuh belas kasih kepada semua orang di bumi. Keikutsertaan mereka dalam Keuskupan Roma juga menunjukkan ikatan yang tak terpisahkan antara Tahta Petrus dan Gereja-gereja khusus yang tersebar di seluruh dunia." ujar Paus Fransiskus.

Untuk itu, Paus meminta umat beriman untuk berdoa bagi para Kardinal mendatang.

"Marilah kita berdoa bagi para Kardinal yang baru, agar dengan meneguhkan kesetiaan mereka kepada Kristus, Imam Besar yang penuh belas kasih dan setia, mereka dapat membantu saya dalam pelayanan saya sebagai Uskup Roma demi kebaikan semua umat kudus Allah," ucapnya.

Dengan Konsistori yang akan datang, menurut data saat ini, Dewan Kardinal akan bertambah menjadi 256 Kardinal, 141 di antaranya akan menjadi Kardinal elector atau yang berhak memilih maupun dipilih jadi paus.

Pengangkatan Mgr. Paskalis Bruno Syukur sebagai kardinal baru sekaligus menjadikannya kardinal pertama dari Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT) dan kardinal keempat di Indonesia.

Duta Besar Republik Indonesia untuk Takhta Suci Vatikan Michael Trias Kuncahyono mengatakan, penunjukan Mgr Paskalis Bruno Syukur sebagai kardinal semakin menjelaskan visi Paus Fransiskus yang ingin menjangkau wilayah-wilayah pinggiran, tidak Eropa sentris.

”Penunjukan Mgr Paskalis Bruno sebagai kardinal semakin menegaskan bahwa katolik itu benar-benar universal. Dulu, kardinal-kardinal itu kebanyakan dari Eropa dan dari negara-negara sebelah utara,” ucapnya saat dihubungi Kompas.id Minggu.

Menurut Trias, bagi umat Katolik di Indonesia, penunjukan Mgr Paskalis Bruno Syukur sebagai kardinal adalah berkah sekaligus kepercayaan.

”Indonesia yang baru saja dikunjungi Paus Fransiskus akan semakin mendapat perhatian. Sebab, kardinal adalah penasihat Paus yang tentu akan banyak memberikan gambaran, perkembangan, dan tantangan tentang Gereja Indonesia,” terangnya.

Berikut adalah nama-nama kardinal baru yang ditunjuk dari seluruh dunia:

1. Mgr. Angelo Acerbi, Nuncio Apostolik

2. Mgr. Carlos Gustavo Castillo Mattasoglio, Uskup Agung Lima (Peru)

3. Mgr. Vicente Bokalic Iglic C.M., Uskup Agung Santiago del Estero (Primado de la Argentina).




Sumber : Kompas.id, Kompas.com




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x