Kompas TV internasional kompas dunia

Iran Peringatkan Akan Balas Secara Tidak Konvensional Jika Israel Melancarkan Serangan Baru

Kompas.tv - 4 Oktober 2024, 10:36 WIB
iran-peringatkan-akan-balas-secara-tidak-konvensional-jika-israel-melancarkan-serangan-baru
Rudal yang diluncurkan dari Iran ke Israel melesat di langit malam seperti yang terlihat dari Deir al-Balah, Jalur Gaza, Selasa, 1 Oktober 2024. (Sumber: AP Photo/Abdel Kareem Hana)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Iman Firdaus

TEHRAN, KOMPAS TV – Iran mengirimkan pesan tidak langsung kepada Amerika Serikat melalui Qatar, bahwa setiap serangan Israel terhadap Iran akan dihadapi dengan "tanggapan yang tidak konvensional," termasuk penargetan infrastruktur Israel.

Dalam wawancara eksklusif dengan Al Jazeera hari Kamis, 3 Oktober 2024, seorang pejabat Iran mengatakan negaranya telah mengirimkan pesan kepada Amerika Serikat terkait meningkatnya ketegangan regional setelah serangan rudal Iran terhadap Israel.

Dalam pesan tersebut, Tehran memberi tahu Washington "fase menahan diri secara sepihak telah berakhir," menambahkan "menahan diri secara unilateral tidak menjamin kepentingan keamanan nasional kami."

Pesan tidak langsung itu juga menegaskan bahwa Iran tidak ingin memicu perang regional, ujar pejabat tersebut.

Pada hari Rabu, Israel berjanji akan merespons setelah Korps Garda Revolusi Islam (IRGC) Iran menembakkan dua gelombang serangan rudal balistik ke target militer dan keamanan di Israel.

Iran menyatakan serangan rudal pada hari Selasa tersebut merupakan balasan atas serangan Israel terhadap Jalur Gaza yang terkepung dan Lebanon, serta pembunuhan terhadap beberapa tokoh penting dari Hizbullah dan kelompok Hamas di Iran.

Baca Juga: Presiden Iran Serukan Persatuan Asia untuk Bendung Aksi Israel

Sekitar 200 proyektil ditembakkan dalam serangan tersebut, namun tidak menimbulkan korban jiwa karena sebagian besar rudal berhasil dicegat oleh tentara Israel.

Amerika Serikat berulang kali menyatakan akan membela sekutu dekatnya, Israel.

Kimberly Halkett dari Al Jazeera, melaporkan dari Washington, menyatakan bahwa pesan Iran yang dikirimkan ke AS tampaknya merupakan tanggapan terhadap pernyataan Presiden Joe Biden pada hari Rabu. Biden mengatakan Israel memiliki hak untuk membalas serangan rudal tersebut.

"Biden mengatakan Israel berhak untuk membalas serangan Iran baru-baru ini, berbeda dengan yang terjadi pada bulan April ketika Iran menargetkan Israel dan Gedung Putih memperingatkan Israel agar tidak merespons," kata Halkett.

Pesan Iran tersebut dapat diartikan dalam dua cara, lanjutnya. 

"Itu bisa berarti, 'Kami tidak ingin Anda melakukan apa pun, kami mencoba untuk menghalangi hal itu,' atau itu bisa menjadi peringatan: 'Jika Anda bertindak, tanggapan kami akan lebih besar lagi,'" jelas Halkett.




Sumber : Al Jazeera




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x