Kompas TV internasional kompas dunia

Profil Shigeru Ishiba: Calon Perdana Menteri Baru Jepang, Pengusung NATO Asia yang Bikin China Murka

Kompas.tv - 27 September 2024, 20:38 WIB
profil-shigeru-ishiba-calon-perdana-menteri-baru-jepang-pengusung-nato-asia-yang-bikin-china-murka
Shigeru Ishiba, pemimpin partai berkuasa Jepang yang baru terpilih, Partai Demokrat Liberal (LDP), terlihat dalam konferensi pers setelah pemilihan pemimpin LDP di Tokyo, Jumat, 27 September 2024. (Sumber: AP Photo)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Gading Persada

TOKYO, KOMPAS TV – Partai Liberal Demokratik (LDP) yang berkuasa di Jepang pada Jumat (27/9/2024) telah memilih pemimpin baru yang akan menggantikan Perdana Menteri Fumio Kishida yang segera mundur. 

Shigeru Ishiba, mantan Menteri Pertahanan Jepang berusia 67 tahun, berhasil mengalahkan Menteri Keamanan Ekonomi, Sanae Takaichi, dalam pemilihan putaran kedua. Takaichi sempat membangkitkan harapan bahwa Jepang, ekonomi terbesar keempat dunia, mungkin akan dipimpin oleh wanita pertama dalam sejarahnya.

Pada 1 Oktober mendatang, parlemen Jepang akan mengadakan sidang untuk memilih Ishiba sebagai Perdana Menteri Jepang yang ke-102, posisi yang selama ini telah dipegang oleh 64 pria di negara yang sedang menghadapi masalah penurunan populasi akibat rendahnya angka kelahiran.

Partai LDP, bersama mitra koalisinya Partai Komeito, memiliki mayoritas di parlemen Jepang.

Dalam pemilihan internal partai, Ishiba memperoleh 215 suara, termasuk 189 suara dari anggota parlemen dan 26 suara dari 47 provinsi. Sementara itu, Takaichi mendapatkan dukungan dari 173 anggota parlemen, dengan 21 provinsi mendukungnya.

Ishiba, Presiden LDP ke-28, berhasil mengalahkan delapan kandidat lainnya, termasuk dua wanita yaitu Takaichi dan Menteri Luar Negeri Kamikawa Yoko. Ini merupakan percobaan kelima Ishiba untuk memimpin partai, yang sebagian besar telah memerintah Jepang sejak didirikan pada tahun 1955.

Fumio Kishida sebelumnya telah mengumumkan pada bulan Agustus lalu, bahwa dia tidak akan mencalonkan diri kembali setelah memimpin partai dan negara sejak akhir 2021.

Baca Juga: Menhan Shigeru Ishiba Akan Jadi Perdana Menteri Baru Jepang, Dilantik Pekan Depan

Shigeru Ishiba, pemimpin partai berkuasa Jepang yang baru terpilih, Partai Demokrat Liberal (LDP), memberi isyarat selama konferensi pers setelah pemilihan kepemimpinan LDP, di Tokyo, Jumat, 27 September 2024. (Sumber: AP Photo)

Dari Anggota Parlemen Termuda hingga Perdana Menteri

Lahir di Prefektur Tottori, sebuah wilayah pesisir selatan Jepang, Shigeru Ishiba lulus dari Universitas Keio dengan gelar di bidang hukum, dan memulai kariernya sebagai seorang bankir.

Sebagai anggota parlemen selama 12 periode, Ishiba pertama kali terpilih tahun 1986 saat berusia 29 tahun, menjadikannya anggota parlemen termuda di Jepang saat itu. 

Veteran LDP ini adalah rival dari mantan Perdana Menteri Shinzo Abe, yang ia kalahkan dalam kontes partai pada tahun 2012, namun kemudian dipinggirkan oleh Kishida. Sebagian besar kariernya dihabiskan untuk menangani isu-isu keamanan.

Ishiba dikenal sebagai pembaca yang rajin. Ayahnya, Jiro Ishiba, adalah gubernur Prefektur Tottori pada tahun 1950-an, sementara ibunya adalah seorang guru bahasa Jepang. Setelah ayahnya meninggal pada tahun 1981, Ishiba memasuki dunia politik atas dorongan teman mendiang ayahnya.

Dalam 38 tahun karier politiknya, Ishiba juga dikenal bekerja untuk membangkitkan kembali komunitas pedesaan. Pada tahun 2007, ia diangkat sebagai Kepala Pertahanan, selain memegang berbagai posisi lain di kabinet dan partai.

Baca Juga: Populasi Lansia Jepang Capai Rekor Tertinggi, Tantangan Sosial Kian Kompleks

Seorang lansia perempuan Jepang berbelanja di toko. Proporsi penduduk berusia 65 tahun ke atas telah meningkat sejak tahun 1950-an dan diperkirakan akan mencapai 34,8% pada tahun 2040, ketika generasi baby boomer kedua (lahir tahun 1971-1974) akan bergabung dengan kelompok tersebut. (Sumber: Straits Times / AFP)




Sumber : Anadolu / Spa / Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x