Kompas TV internasional kompas dunia

Profil Sehat Sutardja, Pelopor Semikonduktor AS yang Lahir di Jakarta

Kompas.tv - 19 September 2024, 11:33 WIB
profil-sehat-sutardja-pelopor-semikonduktor-as-yang-lahir-di-jakarta
Sehat Sutardja, pendiri dan mantan CEO Marvell Technology, meninggal dunia pada usia 63 tahun, Rabu (18/9/2024). (Sumber: World Economic Forum)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Berikut profil Sehat Sutardja, pendiri dan mantan CEO Marvell Technology, yang juga dikenal sebagai pelopor semikonduktor di Amerika Serikat (AS).

Seperti yang diberitakan sebelumnya, Sehat Sutardja, meninggal dunia pada usia 63 tahun.

Menurut pernyataan dari Alphawave Semi, perusahaan semikonduktor yang berbasis di London, tempat Sehat Sutardja menjabat sebagai anggota dewan direksi sejak 2019, ia meninggal pada Rabu (18/9/2024).

"Kehilangan Dr. Sutardja akan dirasakan secara global di seluruh portofolio perusahaan teknologi dan kegiatan filantropi yang ia dukung," demikian pernyataan tersebut dikutip dari Market Watch.

Lantas siapakah Sehat Sutardja?

Baca Juga: Pendiri Marvell Technology, Sehat Sutardja, Meninggal Dunia di Usia 63 Tahun

Profil Sehat Sutardja

Sehat Sutardja lahir dari keluarga keturunan Tionghoa di Jakarta pada tahun 1961. Ketertarikannya pada dunia elektronik dimulai sejak sekolah menengah, sebelum akhirnya ia pindah ke Amerika Serikat (AS) pada 1980 untuk melanjutkan studi di University of San Francisco. 

Karena kampus tersebut tidak memiliki program teknik elektro, ia kemudian beralih ke Iowa State University dan menyelesaikan gelar sarjananya di sana.

Pada tahun 1995, Sutardja bersama istri dan saudaranya mendirikan Marvell Technology.

Nama Marvell dipilih karena mereka bercita-cita untuk membuat sesuatu yang “marvelous” (mengagumkan) dan terinspirasi dari nama perusahaan semikonduktor besar lainnya seperti Intel dan Nortel.




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x