Kompas TV internasional kompas dunia

Pendiri Marvell Technology, Sehat Sutardja, Meninggal Dunia di Usia 63 Tahun

Kompas.tv - 19 September 2024, 10:27 WIB
pendiri-marvell-technology-sehat-sutardja-meninggal-dunia-di-usia-63-tahun
Sehat Sutardja, pendiri dan mantan CEO Marvell Technology, meninggal dunia pada usia 63 tahun, Rabu (18/9/2024). (Sumber: World Economic Forum)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Desy Afrianti

KOMPAS.TV — Sehat Sutardja, pendiri dan mantan CEO Marvell Technology, meninggal dunia pada usia 63 tahun. 

Kabar duka ini disampaikan oleh Alphawave Semi, perusahaan semikonduktor yang berbasis di London, tempat Sutardja menjabat sebagai anggota dewan direksi sejak 2019, pada Rabu (18/9/2024).

Sehat Sutardja, yang lahir di Jakarta, mendirikan Marvell Technology bersama saudaranya, Pantas Sutardja, dan istrinya, Weili Dai, pada tahun 1995. 

Di bawah kepemimpinannya, Marvell berkembang menjadi salah satu perusahaan chip terbesar di dunia, mengantarkan teknologi semikonduktor ke garda terdepan industri.

Dalam pernyataan resminya, Alphawave Semi menyatakan bahwa Sutardja adalah salah satu pionir industri semikonduktor modern dan pendukung kuat perusahaan tersebut.

"Kehilangan Dr. Sutardja akan dirasakan secara global di seluruh portofolio perusahaan teknologi dan kegiatan filantropi yang ia dukung," demikian pernyataan tersebut dikutip dari Market Watch.

Baca Juga: Muhammadiyah soal Kelola Tambang: Jangan Underestimate Kami

Setelah meninggalkan Marvell Technology pada 2016, Sehat Sutardja mendirikan Silicon Box, sebuah perusahaan chip yang berbasis di Singapura pada tahun 2021. 

Sehat Sutardja keluar dari Marvell setelah dinyatakan bebas dari tuduhan penipuan terhadap perusahaan yang ia pimpin selama dua dekade.

Sehat Sutardja dikenal luas atas dedikasinya dalam membangun industri semikonduktor global dan kedermawanannya. Menurut Forbes, kekayaannya diperkirakan mencapai 1,3 miliar dollar AS.

Juru bicara Marvell Technology mengungkapkan duka mendalam atas kepergian Sutardja. 

"Sehat Sutardja adalah pemimpin visioner, insinyur brilian, dan teman yang sangat dihargai di Marvell. Selain prestasi profesionalnya, ia dikenal karena kerendahan hati, kebaikan, dan kedermawanannya. Tim Marvell sangat berterima kasih atas kontribusi dan warisan yang ia tinggalkan," bunyi pernyataan Marvell Technology.

Sementara itu, Weili Dai, yang merupakan istri sehat Sutardja, akan mengambil alih posisi sebagai direktur eksekutif interim di Alphawave Semi. 

Baca Juga: Kisah Acep Supriatna, Buruh Pabrik Berhasil Jadi Wisudawan Terbaik




Sumber : Market Watch




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x