Kompas TV internasional kompas dunia

Rusia Murka atas Serangan Pager yang Tewaskan Warga Sipil di Lebanon, Israel Masih Bungkam

Kompas.tv - 18 September 2024, 21:00 WIB
rusia-murka-atas-serangan-pager-yang-tewaskan-warga-sipil-di-lebanon-israel-masih-bungkam
Juru bicara Kementerian Luar Negeri Rusia, Maria Zakharova, dalam konferensi pers tahunan Menter Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov di Moscow, Rusia, Rabu, 18 Januari 2023. (Sumber: AP Photo/Alexander Zemlianichenko)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Edy A. Putra

 

MOSKOW, KOMPAS.TV – Rusia dengan tegas mengecam serangan lewat penyeranta atau pager di Lebanon pada Selasa (17/9/2024) yang menewaskan sedikitnya 12 orang termasuk anak-anak.

Moskow juga menyampaikan belasungkawa kepada keluarga korban, serta mendoakan para korban luka cepat pulih. 

Serangan yang diduga dilakukan melalui serangan siber itu mengakibatkan ledakan pager massal di Lebanon.

Sebelumnya, CNN melaporkan ledakan tersebut merupakan bagian dari "operasi gabungan antara intelijen dan militer Israel." Namun, otoritas Israel belum memberikan komentar terkait serangan tersebut.

Baca Juga: Pejabat AS: Israel Tanam Bahan Peledak dalam Pager Buatan Taiwan yang Dijual ke Hizbullah

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Rusia, Maria Zakharova, Rabu (18/9/2024), menegaskan serangan pager terhadap rakyat Lebanon merupakan pelanggaran besar terhadap kedaulatan negara tersebut dan tantangan serius terhadap hukum internasional.

"Kami mengutuk keras serangan tak terduga ini terhadap Lebanon yang bersahabat dan warganya, yang merupakan pelanggaran serius terhadap kedaulatannya dan tantangan serius terhadap hukum internasional dengan penggunaan senjata non-konvensional," ujar Zakharova.

"Kami menyampaikan belasungkawa tulus kepada keluarga korban dan berharap pemulihan cepat bagi yang terluka." 

Dilansir Al Jazeera, Menteri Kesehatan Lebanon Firass Abiad mengatakan banyak dari mereka yang membawa penyeranta adalah warga sipil.

Ia mengatakan sedikitnya 12 orang tewas akibat ledakan pager, termasuk empat tenaga medis, seorang bocah perempuan 8 tahun, dan anak laki-laki berusia 11 tahun.

Baca Juga: Fakta-Fakta Pager Meledak Serentak Hantam Hizbullah: Diduga Operasi Rahasia Israel

Petugas tanggap darurat Pertahanan Sipil membawa seorang pria terluka yang pager genggamnya meledak di rumah sakit al-Zahraa di Beirut, Lebanon, Selasa, 17 September 2024. (Sumber: AP Photo/Hussein Malla)

Zakharova menambahkan, Rusia menganggap rangkaian ledakan pager di Lebanon sebagai bagian dari perang hibrida yang ditargetkan kepada Lebanon.

"Sepertinya penyelenggara serangan teknologi tinggi ini secara sengaja berupaya memicu konfrontasi bersenjata skala besar dengan tujuan memprovokasi perang besar di Timur Tengah," katanya. 

Dia juga menilai, di tengah ketegangan yang meningkat di perbatasan Lebanon-Israel, tindakan ceroboh seperti ini dapat memicu konsekuensi yang sangat berbahaya, serta mendorong eskalasi lebih lanjut.




Sumber : TASS, The New York Times




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x