Kompas TV internasional kompas dunia

Israel Kembali Tuduh Josep Borrell Anti-Semit Usai Mengutuk Pembantaian Israel Atas Staf UNRWA Gaza

Kompas.tv - 16 September 2024, 00:00 WIB
israel-kembali-tuduh-josep-borrell-anti-semit-usai-mengutuk-pembantaian-israel-atas-staf-unrwa-gaza
Menteri Luar Negeri Israel, Israel Katz, hari Jumat, 23/8/2024, menegaskan Israel tidak akan pernah mengizinkan apalagi membiarkan  negara Palestina berdiri. (Sumber: Anadolu )
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Gading Persada

YERUSALEM, KOMPAS TV - Menlu Israel, Israel Katz, pada Sabtu (14/9/2024) kembali menuduh Josep Borrell, kepala kebijakan luar negeri Uni Eropa, seorang anti-Semit usai ia mengutuk dan mengungkapkan murkanya atas serangan udara Israel yang membantai staf Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) di Gaza dari lembaga UNRWA.

"Josep Borrell adalah seorang anti-Semit dan pembenci Israel yang secara konsisten mencoba meloloskan resolusi dan sanksi terhadap Israel di Uni Eropa, hanya untuk diblokir oleh sebagian besar negara anggota," kata Katz dalam sebuah pernyataan seperti laporan Straits Times, Minggu (15/9).

Pada 12 September, Borrell menyatakan dirinya terkejut atas tewasnya enam karyawan Badan PBB untuk Pengungsi Palestina (UNRWA) dalam serangan udara Israel di sebuah sekolah yang telah dijadikan tempat perlindungan di daerah Nuseirat, Gaza tengah.

Serangan tersebut menghancurkan sebagian dari Sekolah Al-Jawni yang dikelola oleh PBB sehari sebelumnya, menyisakan hanya puing-puing besi yang hangus dan beton yang hancur. 

Badan pertahanan sipil Gaza dan PBB melaporkan bahwa setidaknya 18 orang, termasuk perempuan dan anak-anak, tewas dalam serangan itu, sementara militer Israel mengatakan mereka menargetkan militan Hamas.

Militer Israel mengklaim telah membunuh sembilan militan, termasuk tiga di antaranya adalah karyawan UNRWA.

Baca Juga: Israel Sebut Rudal Yaman Hantam Wilayahnya, Picu Sirene Peringatan dan Kepanikan

Kepala kebijakan luar negeri Uni Eropa Josep Borrell berbicara dengan media saat tiba di pertemuan para menteri luar negeri Uni Eropa di gedung Dewan Eropa di Brussels, Kamis, 29 Agustus 2024. (Sumber: AP Photo)

UNRWA sendiri menyebutkan enam stafnya tewas dalam dua serangan Israel di sekolah tersebut. 

Ini adalah insiden paling mematikan bagi badan tersebut selama lebih dari 11 bulan perang, dan memicu kecaman internasional.

Katz secara konsisten menuduh Borrell sebagai anti-Semit, menekankan bahwa Borrell terus berbicara tentang dugaan pelanggaran Israel di Gaza dan Tepi Barat. 

Borrell mengatakan bahwa serangan di Nuseirat menunjukkan pengabaian terhadap prinsip-prinsip dasar hukum kemanusiaan internasional.




Sumber : Straits Times




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x