Kompas TV internasional kompas dunia

Prabowo Temui Presiden Vietnam Bahas Kemitraan Strategis sekaligus Undang Datang ke Pelantikan

Kompas.tv - 14 September 2024, 22:36 WIB
prabowo-temui-presiden-vietnam-bahas-kemitraan-strategis-sekaligus-undang-datang-ke-pelantikan
Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto langsung bertolak ke Hanoi, Vietnam, Jumat (13/9/2024) untuk mengadakan pertemuan bilateral dengan Presiden Vietnam, H.E. Tô Lâm, untuk memperkuat kemitraan strategis kedua negara. (Sumber: Istimewa)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Iman Firdaus

HANOI, KOMPAS.TV – Usai berkegiatan di Ibu Kota Nusantara (IKN), Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto langsung bertolak ke Hanoi, Vietnam, Jumat (13/9/2024). Di sana, Prabowo mengadakan pertemuan bilateral dengan Presiden Vietnam, H.E. Tô Lâm, untuk memperkuat kemitraan strategis kedua negara.

Prabowo tiba di Bandara Internasional Noi Bai, Hanoi, sekitar pukul 16.15 waktu setempat. Kedatangannya disambut oleh Wakil Menteri Luar Negeri Vietnam, H.E. Do Hung Viet, Duta Besar Vietnam untuk RI H.E. Ta Van Thong, serta beberapa pejabat tinggi lainnya. 

Di antaranya adalah Direktur Jenderal Departemen Asia Tenggara, Asia Selatan, dan Pasifik Selatan, Nguyễn Tất Thành, serta Atase Pertahanan RI di Vietnam Kolonel Laut (P) Dian Tri Hutanto.

Setelah menggelar makan malam bersama, Prabowo dan Presiden Vietnam melanjutkan dengan pertemuan bilateral. 

Dalam kesempatan itu, Prabowo menyampaikan rasa hormat atas sambutan hangat yang diberikan, sekaligus menyampaikan salam dari Presiden Joko Widodo.

"Presiden Republik Vietnam, saya ingin mengucapkan terima kasih karena telah menerima saya hari ini. Saya membawa salam hangat dari Presiden Joko Widodo,” ujar Prabowo dalam rilis yang diterima KompasTV.

Selain itu, Prabowo juga turut mengucapkan selamat atas Hari Kemerdekaan Vietnam yang ke-79, yang diperingati pada 2 September 2024. Ia mendoakan agar Vietnam terus meraih kesuksesan dalam membangun negaranya.

Baca Juga: Momen Prabowo Bertemu Presiden Vietnam, Ini Beberapa Agenda & Bahasan Keduanya

“Saya juga ingin menyampaikan ucapan selamat kepada Anda dan rakyat Vietnam atas peringatan ke-79 Kemerdekaan Republik Vietnam. Semoga terus meraih kesuksesan dalam membangun Vietnam,” ucapnya.

Dalam pertemuan ini, Prabowo menekankan bahwa Vietnam merupakan salah satu sahabat terbaik bagi Indonesia. 

Hubungan erat kedua negara di berbagai bidang, menurutnya, menjadi dasar untuk memperluas kerja sama yang lebih mendalam di masa depan.

“Bagi kami, Vietnam adalah sahabat besar. Kami sangat menghargai hubungan ini, dan saya berkomitmen untuk mempererat serta memperluas kerja sama ini. Kami juga memiliki kemitraan strategis yang komprehensif yang akan terus berlanjut,” ungkap Prabowo.

Pada akhir pertemuan, Prabowo juga memperkenalkan diri sebagai Presiden terpilih Republik Indonesia periode 2024-2029. 

Ia mengundang Presiden Vietnam untuk menghadiri acara pelantikannya yang dijadwalkan pada 20 Oktober 2024 mendatang.

“Yang Mulia, saya datang untuk memperkenalkan diri kepada Anda sebagai Presiden Indonesia berikutnya. Saya mengundang Anda untuk menghadiri pelantikan saya. Itu akan menjadi kehormatan besar bagi rakyat saya,” kata Prabowo.

Prabowo dan wakilnya Gibran Rakabuming Raka akan melakukan pelantikan atau pengucapan sumpah/janji Presiden dan Wakil Presiden pada 20 Oktober 2024 mendatang. 

Baca Juga: Projo Dorong Jokowi Jadi Wantimpres Prabowo, Ini Respons PDIP Hasto Kristiyanto


 




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x