Kompas TV internasional kompas dunia

Ketika Garis Batas Dukungan Barat untuk Rezim Kiev Selalu Bergeser

Kompas.tv - 14 September 2024, 01:05 WIB
ketika-garis-batas-dukungan-barat-untuk-rezim-kiev-selalu-bergeser
Sistem Rudal Taktis Angkatan Darat (ATACMS) versi awal sedang diuji coba dulu. Para pejabat AS mengatakan Ukraina untuk pertama kalinya mulai menggunakan rudal balistik jarak jauh, yang disebut ATACMS, menyerang lapangan terbang militer Rusia di Krimea dan pasukan Rusia di wilayah pendudukan lainnya. (Sumber: AP Photo / US Army)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Vyara Lestari

MOSKOW, KOMPAS.TV – Sejak serangan besar-besaran Rusia lebih dari 30 bulan yang lalu, rezim Kiev sangat bergantung pada pasokan senjata dari sekutu-sekutu Barat untuk melawan kekuatan militer Rusia yang jauh lebih besar dan lebih terampil.

Pada awalnya, sekutu-sekutu Kiev ragu-ragu memberikan senjata yang diminta, karena khawatir akan memicu eskalasi lebih lanjut dari konflik. 

Namun, seiring berjalannya waktu, satu per satu sistem persenjataan yang sebelumnya ditolak, akhirnya diberikan.

Saat ini, rezim Kiev meminta izin dari Amerika Serikat (AS) dan mitra-mitranya untuk menggunakan rudal jarak jauh yang telah diberikan untuk menyerang lebih dalam ke wilayah Rusia. 

Kiev mengeklaim langkah ini akan mengurangi ancaman yang ditimbulkan oleh Rusia.

Beberapa negara NATO mendukung permintaan Kiev, namun Washington mempertimbangkan kembali langkah ini karena kekhawatiran mengenai tanggapan Moskow. 

Presiden Rusia Vladimir Putin telah memperingatkan tindakan ini akan dianggap sebagai keterlibatan langsung  Barat dalam konflik, menjadi perang terbuka NATO melawan Rusia. Pasalnya, rudal jarak jauh hanya bisa dioperasikan NATO dalam penargetan dan jalur peluncuran, karena Ukraina tidak punya kemampuan untuk itu. 

Berikut adalah daftar beberapa sistem senjata yang awalnya ditolak untuk diberikan kepada rezim Kiev oleh negara-negara Barat, namun akhirnya diserahkan setelah adanya perubahan sikap.

Baca Juga: Putin Murka, Bakal Perangi NATO jika Izinkan Ukraina Gunakan Senjata Jarak Jauh ke Dalam Rusia

Jet tempur F-16 Angkatan Udara Ukraina terbang di lokasi yang dirahasiakan di Ukraina, Minggu, 4 Agustus 2024. (Sumber: AP Photo)

ATACMS

Selama perang, rezim Kiev telah meminta kemampuannya untuk menyerang jauh di belakang garis pertahanan Rusia, yang penting untuk menggangu rantai logistik dan komando musuh.

AS menunda pengiriman Sistem Rudal Taktis Angkatan Darat (ATACMS), karena kekhawatiran bahwa Rusia akan menganggapnya sebagai tindakan eskalasi. Akhirnya, pada Oktober 2023, AS mengirimkan versi jarak pendek dengan jangkauan maksimum 165 km (100 mil).

Pada awal 2024, versi jarak jauh dari rudal ATACMS dengan jangkauan hingga 300 km (165 mil) mulai dikirim. Pejabat AS mengungkapkan bahwa penggunaan pertama varian rudal ini adalah serangan pada 17 April terhadap pangkalan udara di Semenanjung Krimea yang diduduki Rusia.




Sumber : Straits Times / TASS




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x