Kompas TV internasional kompas dunia

Wahana Antariksa Soyuz Rusia Sukses Bawa Dua Kosmonaut Rusia dan Astronaut AS Merapat ke ISS

Kompas.tv - 12 September 2024, 17:18 WIB
wahana-antariksa-soyuz-rusia-sukses-bawa-dua-kosmonaut-rusia-dan-astronaut-as-merapat-ke-iss
Roket Soyuz-2.1 dengan pesawat antariksa Soyuz MS-26 yang membawa kosmonaut Roscosmos Alexey Ovchinin, Ivan Vagner, dan astronaut NASA Don Pettit, kru baru Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS), lepas landas di kosmodrom Baikonur yang disewa Rusia, Kazakhstan, Rabu, 11 September 2024. (Sumber: AP photo / Roscosmos)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Vyara Lestari

MOSKOW, KOMPAS.TV Sebuah pesawat antariksa Soyuz yang membawa dua kosmonaut Rusia dan satu astronaut Amerika Serikat (AS) berhasil merapat ke Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) Rabu (11/9/2024), hanya tiga jam setelah peluncurannya.

Kapsul Soyuz tersebut diluncurkan dari Kosmodrom Baikonur di Kazakhstan dan berhasil merapat ke ISS setelah mengelilingi Bumi dua kali.

Ini merupakan perjalanan cepat jika dibandingkan dengan beberapa misi sebelumnya yang bisa memakan waktu berhari-hari, seperti laporan Associated Press, Kamis (12/9).

Saat ini, kru yang sudah berada di ISS sedang melakukan pemeriksaan sistem sebelum mengizinkan awak di dalam Soyuz untuk memasuki stasiun.

Komandan misi ini adalah Alexei Ovchinin, didampingi Ivan Vagner, sesama kosmonaut Rusia, dan Donald Pettit, astronot dari AS.

Peluncuran ini berlangsung lancar tanpa hambatan, dan Soyuz berhasil mencapai orbit delapan menit setelah lepas landas.

Baca Juga: Jepang Menjadi Negara Kelima yang Mendaratkan Pesawat Antariksa di Permukaan Bulan

Foto yang dirilis oleh perusahaan antariksa Roscosmos, astronaut NASA Don Pettit (kiri), kosmonot Roscosmos Alexey Ovchinin (tengah), dan Ivan Vagner, anggota kru Stasiun Luar Angkasa Internasional, ISS, berpose selama konferensi pers menjelang peluncuran di kosmodrom Baikonur yang disewa Rusia, Kazakhstan, Selasa, 10 September 2024. (Sumber: AP Photo / Roscosmos)

Ini menjadi kabar baik bagi otoritas antariksa Rusia setelah peluncuran pada bulan Maret sebelumnya dibatalkan oleh sistem otomatis karena masalah penurunan tegangan listrik.

Di ISS, Pettit, Vagner, dan Ovchinin akan bergabung dengan kru NASA yang sudah berada di sana, yaitu Tracy Dyson, Mike Barratt, Matthew Dominick, Jeanette Epps, Butch Wilmore, dan Suni Williams, serta kosmonaut Rusia Nikolai Chub, Alexander Grebenkin, dan Oleg Kononenko.

Astronaut Wilmore dan Williams seharusnya sudah kembali ke Bumi, namun mereka masih bertahan di ISS jauh melampaui jadwal yang ditetapkan. 

Mereka tiba pada bulan Juni sebagai bagian dari misi pertama Boeing Starliner, kapsul baru buatan Boeing. 

Namun, perjalanan mereka terganggu oleh masalah teknis seperti kerusakan pada sistem pendorong dan kebocoran helium, sehingga NASA memutuskan bahwa menggunakan Starliner untuk kembali ke Bumi terlalu berisiko.

NASA telah menjadwalkan kepulangan Wilmore dan Williams menggunakan kapsul SpaceX pada tahun depan.


 

 




Sumber : Associated Press




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x