Kompas TV internasional kompas dunia

China dan Rusia Makin Mesra, Siap Gelar Latihan Gabungan Militer Bulan Ini

Kompas.tv - 10 September 2024, 14:56 WIB
china-dan-rusia-makin-mesra-siap-gelar-latihan-gabungan-militer-bulan-ini
Presiden Rusia Vladimir Putin (kanan) dan Presiden China Xi Jinping berjabat tangan selama pertemuan di sela KTT Organisasi Kerja Sama Shanghai (SCO) di Astana, Kazakhstan, 3 Juli 2024. (Sumber: Sergey Guneyev, Sputnik, Kremlin Pool Photo via AP)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Vyara Lestari

BEIJING, KOMPAS.TV - China dan Rusia menunjukkan hubungan erat militer kedua negara dengan rencana menggelar latihan militer gabungan pada bulan ini.

Kementerian Pertahanan Nasional China mengumumkan bahwa militer mereka mengadakan latihan angkatan laut dan udara gabungan dengan Rusia.

Meski begitu, pihak China tidak menyebut tanggal pasti kapan latihan gabungan yang diberi nama Northern United-2024 itu digelar.

Dilansir dari Al Jazeera, rencananya latihan gabungan antara China dan Rusia ini dilakukan di Laut Jepang dan Laut Okhotsk di utara.

Terkait rencana ini, Kementerian Pertahanan Jepang mengatakan telah mengamati lima kapal angkatan laut China yang berlayar ke arah timur laut melalui Selat Tsushima menuju Laut Jepang sejak akhir pekan lalu.

Pasukan Pertahanan Diri Jepang juga melakukan pemantauan kewaspadaan dan pengumpulan intelijen menggunakan sebuah kapal dan pesawat patroli, Senin (9/9/2024).

Selat Tsushima terletak di antara Korea Selatan dan Jepang dan menghubungkan Laut China Selatan dan Laut Jepang, yang dikenal sebagai Laut Timur bagi orang Korea, dan tidak berada dalam perairan teritorial Jepang.

Saat mengumumkan latihan tersebut, China mengatakan latihan tersebut dirancang untuk meningkatkan kerja sama strategis antara kedua negara dan memperkuat kemampuan mereka untuk bersama-sama menghadapi ancaman keamanan.

Pengumuman itu juga menyebutkan bahwa kedua angkatan laut akan berlayar bersama di Pasifik, yang merupakan kelima kalinya mereka melakukannya, dan sekaligus ikut mengambil bagian dalam latihan Rusia "Great Ocean-24". 

Baca Juga: Putin dan Xi Jinping Beri Ucapan Selamat ke Kim Jong-Un: Bukti Korea Utara, China, Rusia Makin Erat




Sumber : Al Jazeera




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x