Kompas TV internasional kompas dunia

Kate Middleton Tuntaskan Kemoterapi, Berikut Pernyataan Lengkapnya

Kompas.tv - 10 September 2024, 15:00 WIB
kate-middleton-tuntaskan-kemoterapi-berikut-pernyataan-lengkapnya
Kate Middleton, Putri Wales dan istri putra mahkota Inggris Pangeran William, hari Jumat (22/3/2024) mengungkapkan dirinya mengidap kanker. Pada Senin (9/9/2024) ia menyatakan telah menyelesaikan rangkaian kemoterapi. (Sumber: AP Photo)
Penulis : Tussie Ayu | Editor : Iman Firdaus

LONDON, KOMPAS.TV — Kate Middleton merilis sebuah video yang mengatakan bahwa ia telah menyelesaikan perawatan kemoterapinya untuk terapi kanker. Sebelumnya, pada Maret lalu, keluarga kerajaan Inggris ini  mengumumkan tengah mengidap kanker yang terdeteksi setelah operasi perut pada awal tahun ini.

Pernyataan terbarunya yang dirilis pada Senin (9/9/2024) mengatakan bahwa ini merupakan tahun yang sulit bagi keluarganya.

Namun menurutnya, peristiwa ini telah memberikan perspektif tentang kehidupan dan rasa syukur atas hal-hal yang sederhana namun penting, seperti "mencintai dan dicintai."

Ia berterima kasih kepada para pendukung atas kebaikan dan kasih sayang mereka dan mengatakan kepada mereka yang berjuang melawan kanker bahwa ia akan tetap berada di sisi mereka.

Baca Juga: Pangeran Harry Akui Senang Lihat Kate Middleton Mulai Kembali Tampil ke Publik

Berikut adalah transkrip lengkap dari pernyataan Kate Middleton, isteri Pangeran William,  seperti dikutip dari The Associated Press.

"Saat musim panas berakhir, saya tidak dapat mengatakan betapa lega rasanya akhirnya menyelesaikan perawatan kemoterapi saya.

Sembilan bulan terakhir ini sangat sulit bagi kami sebagai sebuah keluarga. Kehidupan Anda dapat berubah dalam sekejap dan kami harus menemukan cara untuk mengarungi badai dan jalan yang tidak diketahui akhirnya.
Perjalanan kanker itu rumit, menakutkan, dan tidak terduga bagi semua orang, terutama mereka yang paling dekat dengan Anda.

Dengan kerendahan hati, Anda juga berhadapan langsung dengan kerentanan Anda sendiri dengan cara yang belum pernah Anda pikirkan sebelumnya. Dan dengan cara itu, Anda akan mendapatkan perspektif baru tentang segala hal.

Baca Juga: Kate Middleton Muncul ke Publik Pertama Kali Usai Divonis Kanker

Kali ini terutama mengingatkan William dan saya untuk merenungkan dan bersyukur atas hal-hal sederhana namun penting dalam hidup, yang sering kali kita anggap remeh: yaitu tentang mencintai dan dicintai.

Melakukan apa pun yang saya bisa untuk tetap bebas kanker sekarang menjadi fokus saya.

Meskipun saya telah menyelesaikan kemoterapi, jalan saya menuju penyembuhan dan pemulihan penuh masih panjang dan saya harus terus menjalani setiap hari sebagaimana mestinya.

Namun, saya berharap dapat kembali bekerja dan melakukan beberapa kegiatan publik lagi dalam beberapa bulan mendatang jika saya bisa.

Baca Juga: Belajar dari Kate Middleton, Cara Sampaikan Kabar Kena Kanker ke Anak

Terlepas dari semua yang telah terjadi sebelumnya, saya memasuki fase pemulihan baru ini dengan harapan dan penghargaan baru terhadap kehidupan.

William dan saya sangat berterima kasih atas dukungan yang kami terima dan kami memperoleh kekuatan luar biasa dari semua orang yang membantu kami saat ini. Kebaikan, empati, dan kasih sayang setiap orang benar-benar membuat saya rendah hati.

Kepada semua orang yang melanjutkan perjalanan kanker — saya tetap bersama Anda, berdampingan, bergandengan tangan. Dari kegelapan, akan muncul cahaya, jadi biarkan cahaya itu bersinar terang."


 




Sumber : Associated Press




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x