Kompas TV internasional kompas dunia

Prabowo Bertemu Sultan Hassanal Bolkiah, Bahas Kerja Sama Militer dan Industri Pertahanan

Kompas.tv - 5 September 2024, 21:36 WIB
prabowo-bertemu-sultan-hassanal-bolkiah-bahas-kerja-sama-militer-dan-industri-pertahanan
Menteri Pertahanan (Menhan) RI, Prabowo Subianto bertemu Sultan Brunei Darussalam, Yang Maha Mulia Seri Sultan Haji Hassanal Bolkiah di Istana Nurul Iman, Brunei Darussalam, Kamis (5/9/2024). (Sumber: Kementerian Pertahanan)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Deni Muliya

BANDAR SERI BEGAWAN, KOMPAS.TV - Menteri Pertahanan (Menhan) RI, Prabowo Subianto bertemu Sultan Brunei Darussalam Yang Maha Mulia Seri Sultan Haji Hassanal Bolkiah di Istana Nurul Iman, Brunei Darussalam, Kamis (5/9/2024).

Dalam pertemuan tersebut, Prabowo dan Sultan Hassanal Bolkiah membahas sejumlah isu strategis terutama di bidang pertahanan.

Prabowo menyatakan keinginannya untuk memperkuat kerja sama di bidang tersebut melalui berbagai sektor.

Salah satu sektor yang mendapat perhatian khusus adalah pendidikan. 

Prabowo pun mengundang lebih banyak perwira Brunei Darussalam untuk melanjutkan studi di Universitas Pertahanan Republik Indonesia (RIDU).

“Dengan senang hati kami mengundang para perwira Angkatan Bersenjata Brunei untuk mendaftar di program magister yang ditawarkan di RIDU,” kata Prabowo dalam rilis yang diterima KompasTV.

Hingga saat ini, Universitas Pertahanan telah menerima mahasiswa internasional dari berbagai negara, termasuk satu perwira asal Brunei yang lulus pada tahun 2014. 

Baca Juga: Menlu Retno Ungkap Sudah Bicara dengan Prabowo Subianto terkait BRICS

Selain itu, Kementerian Pertahanan sedang mempersiapkan Universitas Pertahanan untuk menjadi lembaga yang berorientasi pada penelitian dan bertaraf internasional. 

Di luar sektor pendidikan, Presiden terpilih periode 2024-2029 juga menyatakan minatnya untuk menjajaki peluang kerja sama di bidang industri pertahanan. 

Ia percaya bahwa teknologi dan keahlian yang dimiliki oleh Indonesia dan Brunei Darussalam dapat saling melengkapi untuk memenuhi kebutuhan masing-masing negara.

“Saya yakin bahwa dengan berbagi teknologi dan keahlian, kita dapat bekerja sama mengembangkan sistem dan peralatan pertahanan yang memenuhi kebutuhan spesifik kita,” ujar Prabowo. 

Usai menggelar pertemuan tersebut, Prabowo kemudian dijamu makan siang oleh Sultan Hassanal Bolkiah.  

Setelah menyelesaikan kunjungan di Brunei Darussalam, Prabowo selanjutnya akan melanjutkan kunjungan kerjanya ke Laos. 

Baca Juga: Menlu soal Jokowi Kenalkan Prabowo sebagai Presiden Terpilih: Paus Mengatakan Ini Tradisi Bagus




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x