Kompas TV internasional kompas dunia

Ini Isi Pesan yang Ditulis Paus Fransiskus Saat Mengisi Buku Tamu di Istana Merdeka

Kompas.tv - 4 September 2024, 12:17 WIB
ini-isi-pesan-yang-ditulis-paus-fransiskus-saat-mengisi-buku-tamu-di-istana-merdeka
Paus Fransiskus, kiri, dan Presiden Indonesia Joko Widodo menghadiri pertemuan dengan otoritas Indonesia, masyarakat sipil, dan korps diplomatik, selama kunjungan apostoliknya ke Asia, di Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu 4 September 2024. (Sumber: Willy Kurniawan/Pool Photo via AP)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pemimpin Tertinggi Katolik Dunia Paus Fransiskus menggelar pertemuan dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Merdeka Jakarta, Rabu (4/9/2024).

Pertemuan ini bersejarah mengingat ini pertama kalinya kunjungan Paus dari Vatikan ke Indonesia setelah terakhir kali terjadi pada 35 tahun silam.

Paus Fransiskus tiba di Istana Merdeka sekitar pukul 09.35 WIB yang kemudian disambut langsung oleh Presiden Jokowi.

Selain itu, Paus Fransiskus juga disambut oleh anak-anak yang membawa bendera Indonesia dan Vatikan.

Selain disambut Presiden Jokowi, Paus Fransiskus turut pula disambut oleh Menteri Pertahanan yang juga presiden terpilih Prabowo Subianto.

Ada pula sejumlah menteri lain di kabinet, seperti Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menko PMK Muhadjir Effendy, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, dan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas.

Sama seperti tamu kenegaraan lainnya, Paus Fransiskus juga mengisi buku tamu di Istana Merdeka.

Saat mengisi buku kehormatan itu, Paus Fransiskus turut memberikan pesan kepada bangsa Indonesia.

"Terbenam dalam keindahan tanah ini, tempat pertemuan dan dialog antara berbagai budaya dan agama, saya mendoakan agar masyarakat Indonesia semakin bertumbuh dalam iman, persaudaraan, dan kasih sayang. Tuhan memberkati Indonesia!” tulis Paus Fransiskus dalam bahasa Italia dikutip dari Vatican News.

Baca Juga: Momen Paus Fransiskus Berkati Bayi Willan Saat Perjalanan ke Istana Merdeka

Seperti yang diketahui, Paus Fransiskus melakukan kunjungan apostolik ke sejumlah negara Asia dan Oseania dari tanggal 3-13 September 2024.

Paus Fransiskus tiba di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Indonesia pada Selasa (3/9/2024) kemarin pada pukul 11.30 WIB. 

Setelah menggelar pertemuan kenegaraan dengan Presiden Jokowi di Istana Merdeka, Paus selanjutnya dijadwalkan melakukan pertemuan pribadi dengan anggota Serikat Jesuit di Apostolic Nunciantura, Kantor Kedutaan Besar Vatikan di Jakarta. 

Kemudian, pada pukul 16.30 WIB, Paus akan bertemu para uskup, imam, diakon, biarawan-biarawati, seminaris, dan katekis di Gereja Maria Diangkat ke Surga, Gereja Katedral Jakarta. 

Sekitar pukul 17.35 WIB, Paus Fransiskus juga akan bertemu kaum muda dari Scholas Occurantes di Youth Center Graha Pemuda Senayan.

Kemudian besok pada Kamis (5/9/2024), sekitar pukul 09.00 WIB, Paus akan menghadiri pertemuan antaragama di Masjid Istiqlal Jakarta, disusul pertemuan dengan penerima manfaat organisasi amal di kantor Konferensi Waligereja Indonesia (KWI). 


Pada pukul 17.00 WIB, Misa Suci akan diadakan di Stadion Utama Gelora Bung Karno Jakarta, yang diperkirakan akan dihadiri puluhan ribu umat Katolik. 

Paus Fransiskus kemudian dijadwalkan meninggalkan Indonesia pada Jumat (6/9/2024), sekitar pukul 9.45 WIB, menuju Port Moresby, Papua Nugini, melalui Bandara Internasional Soekarno-Hatta. 

Baca Juga: Paus Fransiskus Nilai Indonesia Negara Luar Biasa, Ajak Lawan Ekstremisme dan Intoleransi




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x