Kompas TV internasional kompas dunia

Pesawat Jatuh Tabrak Rumah dan Sebabkan Kebakaran, Tiga Orang Tewas

Kompas.tv - 1 September 2024, 15:28 WIB
pesawat-jatuh-tabrak-rumah-dan-sebabkan-kebakaran-tiga-orang-tewas
Petugas pemadam kebakaran berusaha memadamkan rumah yang terbakar karena dihantam pesawat yang jatuh di Fairview, Portland, Oregon, Amerika Serikat, Sabtu (31/8/2024) waktu setempat. (Sumber: Greg Muhr/Portland Fire & Rescue Via AP)
Penulis : Haryo Jati | Editor : Edy A. Putra

PORTLAND, KOMPAS.TV - Sebuah pesawat jatuh dan menabrak sejumlah rumah di sebelah timur Portland, Oregon, Amerika Serikat (AS), Sabtu (31/8/2024) waktu setempat.

Dikutip dari Associated Press, insiden tersebut menyebabkan tiga orang tewas dan memicu kebakaran.

Baca Juga: Zelenskyy Salah Perhitungan Serang Kursk, Pasukan Rusia Malah Makin Dekat ke Kota Penting Ukraina

Menurut informasi awal, pesawat tersebut membawa dua orang, dan setidaknya satu warga belum ditemukan.

Foto dan video yang dipublikasikan KGW-TV di Portland, memperlihatkan salah satu rumah terbakar api, dan asap tebal membubung dari rumah-rumah yang berdempetan itu.

Kepala Kantor Pemadam Kebakaran Gresham, Scott Lewis, mengatakan api menyebar ke setidaknya empat rumah, dan membuat enam keluarga dipindahkan.

Ia juga mengatakan dua orang telah dirawat di tempat kejadian. Namun ia tak menggambarkan tipe dan seberapa parah cedera yang diderita korban.

Otoritas Penerbangan Federal (FAA) mengidentifikasi pesawat kecil tersebut sebagai Cessna 421 C yang bermesin ganda.

Mereka mengungkapkan pesawat tersebut jatuh sekitar pukul 10.30 waktu setempat di dekat Bandara Troutdale, sekitar 30 menit dengan berkendara ke sebelah timur Portland.

Kantor Sherif Multnomah County mengatakan saat jatuh, pesawat itu menabrak tiang dan kabel listrik, menyebabkan kebakaran di lapangan terdekat.

Pesawat itu kemudian terbelah menjadi beberapa bagian saat jatuh di kawasan permukiman di Kota Fairview, yang berpenduduk sekitar 10.000 orang.

Lewis mengatakan panggilan telepon pertama mengenai kebakaran tersebut datang dari staf di menara kontrol Bandara Troutdale, yang melihat asap tebal dari udara.

Baca Juga: Keluarga Sandera Israel Buat Ancaman Mengerikan ke Netanyahu, Gegara Jasad Diduga Sandera Ditemukan

Tetapi Lewis mengatakan laporan awal mengindikasikan tak ada keadaan darurat dari pesawat tersebut, sebelum akhirnya jatuh.

Juru bicara Dewan Keselamatan Transportasi Nasional, Peter Knudson, mengatakan pihaknya kini sedang melakukan penyelidikan terkait kecelakaan itu.

Mereka telah mengirimkan dua penyelidik ke lokasi kecelakaan yang akan mendokumentasikan puing-puing.


 




Sumber : Associated Press




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x