Kompas TV internasional kompas dunia

Lebih dari 66.000 Personel Militer Rusia Dilaporkan Tewas di Ukraina

Kompas.tv - 1 September 2024, 00:00 WIB
lebih-dari-66-000-personel-militer-rusia-dilaporkan-tewas-di-ukraina
Ilustrasi tentara Rusia. (Sumber: AP Photo)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Vyara Lestari

MOSKOW, KOMPAS.TV – Jumlah korban jiwa di pihak militer Rusia dalam perang Ukraina terus meningkat. Media independen Rusia, Mediazona, melaporkan bahwa hingga 30 Agustus 2024, lebih dari 66.000 personel militer Rusia tewas selama konflik ini. L

Dalam laporan analisis yang dilakukan bersama BBC Russian Service, Sabtu (31/8/2024), Mediazona menyebutkan bahwa mereka telah mengidentifikasi nama 66.471 tentara Rusia yang gugur. 

Angka ini menunjukkan peningkatan lebih dari 4.600 kematian dalam empat minggu terakhir saja. Namun, Mediazona menegaskan bahwa angka ini belum mencakup seluruhnya karena banyak kematian yang tidak diumumkan secara resmi.

Anastasia Alekseyeva, seorang jurnalis di Mediazona, menjelaskan bahwa peningkatan jumlah kematian ini tidak terkait dengan ofensif Ukraina di wilayah Kursk atau kemajuan Rusia di wilayah timur. 

Menurut Mediazona, wilayah dengan jumlah kematian tertinggi adalah Republik Bashkortostan di selatan Rusia, dengan 2.578 tentara yang tewas. Wilayah ini dikenal memiliki populasi Muslim yang cukup besar. 

Selain itu, kelompok usia yang paling banyak tercatat dalam laporan kematian ini adalah 33-35 tahun, dengan jumlah 6.877 kematian.

Laporan tersebut juga mengungkap bahwa lebih dari 12.000 dari korban jiwa adalah narapidana yang direkrut oleh militer Rusia dengan janji kebebasan setelah bertugas di garis depan.

Namun, Alekseyeva mencatat bahwa jumlah rekrutmen dari kalangan narapidana ini telah menurun akhir-akhir ini, “terlihat bahwa upaya perekrutan tidak lagi seaktif sebelumnya,” katanya.

Baca Juga: Rusia Serang Taman Bermain di Kharkiv, Gadis 14 Tahun Tewas Terbunuh




Sumber : Al Arabiya




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x