Kompas TV internasional kompas dunia

Ekonomi Israel Kian Terpuruk akibat Kebijakan Netanyahu Serang Gaza, Didesak Segera Akhiri Perang

Kompas.tv - 26 Agustus 2024, 13:20 WIB
ekonomi-israel-kian-terpuruk-akibat-kebijakan-netanyahu-serang-gaza-didesak-segera-akhiri-perang
Mata uang shekel Israel. Ekonomi Israel semakin terpuruk di tengah perang yang telah berlangsung hampir 11 bulan dengan Hamas, saat para pemimpin Israel terus melancarkan serangan ke Gaza. (Sumber: Anadolu)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Desy Afrianti

YERUSALEM, KOMPAS TV - Ekonomi Israel semakin terpuruk di tengah perang yang telah berlangsung hampir 11 bulan dengan Hamas, saat para pemimpin Israel terus melancarkan serangan ke Gaza tanpa tanda-tanda akan berhenti dan berisiko memicu konflik yang lebih luas.

Di Kota Tua Yerusalem, hampir semua toko suvenir tutup. Di pasar loak Haifa, para pedagang membersihkan barang dagangan mereka di jalanan yang sepi. Maskapai penerbangan membatalkan penerbangan, bisnis gulung tikar, dan hotel-hotel mewah hanya terisi setengah.

Perdana Menteri Benjamin Netanyahu berusaha menenangkan kekhawatiran dengan mengatakan bahwa kerusakan ekonomi ini hanya sementara. Namun, perang yang paling berdarah dan merusak antara Israel dan Hamas ini telah menghancurkan ribuan usaha kecil dan merusak kepercayaan internasional terhadap ekonomi Israel yang dulunya dianggap sebagai kekuatan wirausaha.

Sejumlah ekonom terkemuka menyatakan gencatan senjata adalah cara terbaik untuk menghentikan kerusakan ini.

"Ekonomi saat ini berada dalam ketidakpastian besar, yang terkait dengan situasi keamanan — seberapa lama perang akan berlangsung, intensitasnya, dan apakah akan terjadi eskalasi lebih lanjut," kata Karnit Flug, mantan kepala bank sentral Israel yang kini menjabat sebagai wakil presiden penelitian di Israel Democracy Institute, sebuah lembaga think tank di Yerusalem.

Perang ini telah memberikan dampak yang jauh lebih berat pada ekonomi Gaza yang sudah hancur, dengan memaksa 90% populasi mengungsi dan membuat sebagian besar angkatan kerja menganggur.

Semua bank di wilayah tersebut telah tutup, sementara pertempuran telah menewaskan lebih dari 40.000 orang, menurut pejabat kesehatan Palestina di wilayah yang dikuasai Hamas. Jumlah tersebut tidak membedakan antara warga sipil dan kombatan.

Perang yang berkepanjangan dan ancaman eskalasi lebih lanjut dengan Iran dan kelompok Hizbullah di Lebanon memiliki dampak khusus pada sektor pariwisata. Meskipun pariwisata bukan pendorong utama ekonomi, kerusakannya telah memukul ribuan pekerja dan usaha kecil.

"Hal yang paling sulit adalah kami tidak tahu kapan perang ini akan berakhir," kata pemandu wisata Israel, Daniel Jacob, yang keluarganya kini hidup dari tabungan. "Kita harus mengakhiri perang sebelum akhir tahun ini. Jika berlangsung setengah tahun lagi, saya tidak tahu berapa lama kami bisa bertahan."

Baca Juga: Menlu Iran Janjikan Pembalasan Tuntas ke Israel atas Pembunuhan Ismail Haniyeh

Orang-orang membeli buah dari pasar jalanan di Haifa, Israel, Jumat, 16 Agustus 2024. Perekonomian Israel terpuruk akibat perang yang telah berlangsung hampir 11 bulan dengan Hamas, sementara para pemimpinnya terus melancarkan serangan di Gaza yang mengancam akan meningkat menjadi konflik yang lebih luas. (Sumber: AP Photo)

Jacob, 45, kembali pada April dari enam bulan bertugas sebagai prajurit cadangan hanya untuk mengetahui bahwa bisnisnya sudah habis. Ia terpaksa menutup perusahaan wisata yang ia bangun selama dua dekade.

Satu-satunya pendapatannya adalah bantuan dari pemerintah, yang hanya membayar setengah dari gajinya sebelum perang setiap beberapa bulan.

Pedagang barang antik di Haifa, Meir Sabag, mengatakan bisnisnya sekarang lebih buruk daripada saat pandemi COVID-19.

Pada hari kerja baru-baru ini, pelabuhan Haifa yang dulunya ramai, sekarang sepi. Dengan kelompok pemberontak Houthi di Yaman yang mengancam kapal-kapal yang melewati Terusan Suez di Mesir, banyak kapal jarak jauh telah berhenti menggunakan pelabuhan Israel sebagai hub, menurut seorang pejabat pelabuhan.

Perang ini dimulai pada 7 Oktober, ketika militan Hamas menewaskan sekitar 1.200 orang dan menyandera 250 orang. Upaya gencatan senjata yang dipimpin AS tampaknya sedang mengalami kebuntuan, sementara Iran dan Hizbullah mengancam akan membalas pembunuhan komandan militan terkemuka, meningkatkan ancaman perang regional yang lebih luas.

Ketakutan ini telah mendorong maskapai-maskapai besar, termasuk Delta, United, dan Lufthansa, untuk menangguhkan penerbangan ke dan dari Israel.

Jacob Sheinin, seorang ekonom Israel yang berpengalaman, mengatakan total biaya perang ini bisa mencapai $120 miliar, atau 20% dari produk domestik bruto (PDB) Israel, ukuran luas aktivitas ekonomi.

Dari 38 negara anggota Organisasi untuk Kerja Sama dan Pembangunan Ekonomi (OECD), ekonomi Israel mengalami penurunan terbesar dari April hingga Juni. PDB Israel diproyeksikan tumbuh 3% pada 2024.




Sumber : Associated Press




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x