Kompas TV internasional kompas dunia

Atlet Korea Utara yang Selfie dengan Atlet Korsel di Olimpiade 2024 Terancam Dihukum Kim Jong-Un

Kompas.tv - 25 Agustus 2024, 14:45 WIB
atlet-korea-utara-yang-selfie-dengan-atlet-korsel-di-olimpiade-2024-terancam-dihukum-kim-jong-un
Atlet Korea Utara Ri Jong-sik dan Kim Kum-yong, selfie bersama atlet Korea Selatan Lim Jong-hoon dan Shin Yu-bin, serta atlet China Wang Chuqin dan Sun Yingsha di podium cabang olahraga tenis meja Olimpiade 2024 di Paris, Selasa (30/7/2024). (Sumber: Petros Giannakouris/AP)
Penulis : Haryo Jati | Editor : Iman Firdaus

PYONGYANG, KOMPAS.TV - Ancaman hukuman mendera atlet Korea Utara yang selfie dengan atlet Korea Selatan di Olimpiade 2024,  terancam dihukum rezim Kim Jong-un.

Atlet Korea Utara Kim Kum-yong dan Ri Jong-sik sukses meraih medali perak di ajang ganda campuran tenis meja Olimpiade 2024.

Untuk merayakannya, keduanya diajak berselfie bersama atlet China, dan atlet Korea Selatan Lim Jong-hoon dan Shin Yu-bin yang meraih medali perunggu.

Baca Juga: CEO Telegram Pavel Durov Ditangkap Saat Baru Mendarat di Bandara Prancis, Hal Ini Diyakini Alasannya

Pada selfie tersebut, Kim dan Ri terlihat tersenyum, dan hal itu membuat mereka terancam dihukum.

Dikutip dari The Telegraph, Jumat (23/8/2024), Kim dan Ri saat ini tengah menjalani evaluasi ideologi, bersama atlet Korea Utara lainnya yang baru kembali dari Olimpiade 2024.

Penilaian ini merupakan prosedur standar untuk membersihkan tim dari “paparan kontaminasi” di luar negeri.

Berdasarkan sumber pejabat di Pyongyang yang meminta anonimitas kepada Daily NK, duo atlet peraih medali itu dikritik karena tersenyum di samping negara lawan.

Para atlet Korea Utara dilaporkan diberikan instruksi khusus untuk tak berinteraksi dengan atlet Korea Selatan atau negara asing lainnya di Paris, di bawah ancaman.

Sejak kembali dari Prancis, tim Olimpiade Korea Utara dipercaya harus melakoni proses penilaian ideologi tiga tahap oleh Kementerian Olahraga negara itu.

Hal itu dilakukan untuk memusnahkan pengaruh budaya non-sosialis yang masih ada, dan dikabarkan berlangsung selama satu bulan.

Penilaian itu meninjau setiap aspek perilaku para atlet, dan siapa pun yang ditemukan berperilaku bertentangan dengan nilai-nilai dan instruksi rezim dapat dikenakan tindakan indisipliner.

Menurut Daily NK, masih belum jelas apakah atlet yang difoto tersebut akan menghadapi hukuman berat, atau hanya peringatan ringan dan perintah menjalani refleksi diri.

Baca Juga: Atlet Korea Selatan Salah Disebut dari Korea Utara di Pembukaan Olimpiade 2024, Kemarahan Muncul

“Jika mereka berinteraksi dengan atlet dari negara lain, mereka benar-benar harus merenungkan tindakan mereka untuk menghindari potensi hukuman politik atau adminsitratif,” kata seorang sumber.

Interaksi yang jarang di podium antara atlet dari dua negara, yang secara teknis masih berperang, telah dipuji secara luas sebagai momen sportivitas dan pertunjukan persatuan lintas batas.

Foto selfie dari atlet kedua Korea dan China yang menjadi peraih medali ema situ menjadi viral, dan menjadi berita utama di seluruh dunia.


 




Sumber : The Telegraph




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x