Kompas TV internasional kompas dunia

Perundingan Buntu, Israel Ngotot Gelar Pasukan di Koridor Philadelphi, Mesir dan Hamas Keras Menolak

Kompas.tv - 20 Agustus 2024, 15:10 WIB
perundingan-buntu-israel-ngotot-gelar-pasukan-di-koridor-philadelphi-mesir-dan-hamas-keras-menolak
Peta koridor Philadelphi antara Gaza dan Mesir. Israel ngeyel dan bersikeras mempertahankan kendali atas koridor sepanjang 14 kilometer tersebut, sementara Hamas menuntut penarikan penuh Israel dari area itu. (Sumber: Jordan News)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Vyara Lestari

YERUSALEM, KOMPAS.TV - Perundingan membahas gencatan senjata Israel - Hamas buntu. Tim negosiasi Israel kembali dari Kairo tanpa mencapai kesepakatan terkait Koridor Philadelphi di perbatasan Gaza-Mesir. 

Koridor Philadelphi adalah zona penyangga demiliterisasi sepanjang 14 kilometer antara Mesir dan Gaza, Palestina, yang menjadi perdebatan dalam negosiasi antara Israel, Mesir, dan Palestina.

Menurut laporan media Israel, Yedioth Ahronoth, pembicaraan mengenai Koridor Philadelphi masih menemui jalan buntu. 

"Kami berada di jam-jam yang sangat kritis," kata seorang sumber Israel yang terlibat dalam pembicaraan tersebut. "Masalah Koridor Philadelphi masih terbuka karena belum ada kesepakatan yang tercapai."

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu dikabarkan tidak bersedia berkompromi dalam masalah ini. 

"Israel menuntut untuk mempertahankan pasukan di sana, sementara Mesir dan Palestina bersikeras pada penarikan penuh Israel," tambah sumber tersebut.

Baca Juga: Mesir Desak Israel Hengkang dari Koridor Philadelphi dan Perbatasan Rafah

Koridor Philadelphi antara Gaza dan Mesir. Israel ngeyel dan bersikeras mempertahankan kendali atas koridor sepanjang 14 kilometer tersebut, sementara Hamas menuntut penarikan penuh Israel dari area itu. (Sumber: Times of Israel)

Seorang sumber dari Mesir juga menegaskan posisi negaranya bahwa Israel harus menarik seluruh pasukannya dari Koridor Philadelphi dan perbatasan Rafah.

Saluran berita milik pemerintah Mesir, Al-Qahera, menyebutkan bahwa laporan media Israel yang mengeklaim Mesir menyetujui kehadiran militer Israel di Koridor Philadelphi tidaklah benar.

Pada Senin pagi, Netanyahu memberi tahu Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Antony Blinken bahwa ia akan mengirim tim negosiasi Israel kembali ke Mesir minggu ini untuk melanjutkan pembicaraan terkait gencatan senjata di Gaza dan pertukaran tahanan.




Sumber : Yedioth Ahronoth / Al Qaheera




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x