Kompas TV internasional kompas dunia

Perundingan Israel-Hamas Rampung, Kesepakatan Gencatan Senjata Bakal Diresmikan Pekan Depan

Kompas.tv - 16 Agustus 2024, 23:56 WIB
perundingan-israel-hamas-rampung-kesepakatan-gencatan-senjata-bakal-diresmikan-pekan-depan
Seorang perempuan meratapi jasad anak dan suaminya yang tewas oleh pengeboman Israel di Jalur Gaza, Selasa 5 Desember 2023. Mediator pembicaraan gencatan senjata Perang Gaza hari Jumat, 16/8/2024, menyatakan pembahasan poin perundingan dua hari telah selesai. (Sumber: AP Photo)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Vyara Lestari

YERUSALEM, KOMPAS TV - Para mediator pembicaraan gencatan senjata Perang Gaza menyatakan pembahasan poin perundingan dua hari telah selesai, Jumat (16/8/2024). Mereka akan berkumpul kembali di Kairo minggu depan untuk mengunci kesepakatan yang bertujuan menghentikan pertempuran.

Amerika Serikat (AS), Mesir, dan Qatar dalam pernyataan bersama mengatakan pembicaraan berlangsung konstruktif dalam suasana positif. Proposal telah disampaikan kepada kedua belah pihak, dengan harapan detail implementasi bisa segera dirampungkan.

Pernyataan bersama itu juga menyebut bahwa AS mengajukan proposal gencatan senjata kepada Israel dan Hamas untuk menutup celah yang tersisa di antara mereka. Pejabat senior dari negara-negara mediator akan bertemu lagi minggu depan guna menuntaskan kesepakatan.

Dokumen baru yang disebut sebagai "proposal pengait" ini menunjukkan masih ada perbedaan, meski sudah ada beberapa "area kesepakatan baru" antara kedua pihak.

Melansir Associated Press, pernyataan ini dikeluarkan setelah negosiasi di Doha pada Kamis (15/8) dan Jumat (16/8) dalam putaran terbaru pembicaraan gencatan senjata.

“Selama 48 jam terakhir di Doha, pejabat senior dari pemerintah kami terlibat dalam pembicaraan intensif sebagai mediator dengan tujuan menyelesaikan kesepakatan gencatan senjata dan pembebasan sandera serta tahanan. Pembicaraan ini berlangsung serius dan konstruktif dalam suasana positif,” bunyi pernyataan bersama itu.

“Pagi ini di Doha, Amerika Serikat dengan dukungan Mesir dan Qatar, telah mengajukan kepada kedua pihak sebuah proposal penjembatan yang sesuai dengan prinsip-prinsip yang diuraikan oleh Presiden Biden pada 31 Mei 2024 dan Resolusi Dewan Keamanan No. 2735. Proposal ini dibangun berdasarkan kesepakatan selama pekan lalu dan menjembatani celah yang tersisa, memungkinkan implementasi kesepakatan secara cepat,” lanjut pernyataan itu.

Baca Juga: Mediator Gaza Buka Kembali Perundingan Gencatan Senjata di Qatar, AS Sebut Menjanjikan

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu, kiri dan Menteri Pertahanan Yoav Gallant menghadiri konferensi pers di pangkalan militer Kirya di Tel Aviv, Israel, 28 Oktober 2023. (Sumber: AP Photo)

“Tim kerja akan melanjutkan pembahasan teknis dalam beberapa hari ke depan terkait detail implementasi, termasuk pengaturan kemanusiaan yang luas serta hal-hal khusus terkait sandera dan tahanan,” tambahnya.

“Pejabat senior dari pemerintah kami akan berkumpul kembali di Kairo sebelum akhir pekan depan untuk mengunci kesepakatan berdasarkan ketentuan yang diajukan hari ini. Seperti yang dinyatakan para pemimpin ketiga negara minggu lalu, ‘Tidak ada lagi waktu untuk disia-siakan, dan tidak ada alasan bagi pihak mana pun untuk menunda lebih lanjut,’” bunyi pernyataan tersebut.

Putaran pembicaraan ini dimulai pada hari Kamis untuk menghentikan perang yang telah berlangsung selama 10 bulan dan mengamankan pembebasan sandera. Kesepakatan ini dianggap sebagai harapan terbaik untuk mencegah konflik regional yang lebih besar. 

Hamas, yang tidak berpartisipasi langsung dalam pembicaraan, menuduh Israel mengajukan tuntutan baru pada proposal yang sudah didukung AS dan komunitas internasional, dan yang telah disetujui Hamas secara prinsip.

Kedua pihak telah setuju secara prinsip pada rencana yang diumumkan oleh Presiden Joe Biden pada 31 Mei. 

Namun, Hamas mengusulkan amandemen dan Israel meminta klarifikasi, yang menyebabkan kedua pihak saling menuduh mencoba menggagalkan kesepakatan.

Hamas menolak tuntutan Israel, termasuk kehadiran militer permanen di sepanjang perbatasan dengan Mesir dan garis pemisah di Gaza yang akan digunakan Israel untuk memeriksa warga Palestina yang kembali ke rumah mereka demi menyingkirkan Hamas.

Baca Juga: Iran Diperingatkan Qatar Tak Serang Israel Saat Ini, Negosiasi Gencatan Senjata Dipertaruhkan

Para pelayat Palestina membawa orang yang mereka cintai untuk dimakamkan di pemakaman di Deir al-Balah, Jalur Gaza, Jumat, 9 Agustus 2024. (Sumber: AP Photo/Abdel Kareem Hana)




Sumber : Associated Press / Times of Israel




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x