Kompas TV internasional kompas dunia

Ukraina Klaim Kuasai Kota Sudzha di Rusia, Serangan Lintas Batas Memanas

Kompas.tv - 16 Agustus 2024, 07:32 WIB
ukraina-klaim-kuasai-kota-sudzha-di-rusia-serangan-lintas-batas-memanas
Foto yang dirilis lewat saluran telegram Gubernur wilayah Kursk, Alexei Smirnov, pada Selasa, 6 Agustus 2024, menunjukkan sebuah rumah yang rusak akibat serangan Ukraina di kota Sudzha, wilayah Kursk yang berbatasan dengan Ukraina. (Sumber: Saluran telegram Gubernur wilayah Kursk melalui AP)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Edy A. Putra

 

KIEV, KOMPAS.TV – Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy, Kamis (15/8/2024), mengeklaim pasukan Ukraina telah berhasil menguasai sepenuhnya kota Sudzha di Rusia. 

Sudzha adalah kota Rusia terbesar yang jatuh ke tangan Ukraina sejak mereka melancarkan serangan lintas batas lebih dari seminggu yang lalu.

Sudzha yang berpenduduk sekitar 5.000 jiwa sebelum perang, sebenarnya tidak terlalu besar.

Namun, sebagai pusat administrasi wilayah Kursk, Sudzha memiliki peran strategis. 

Di kota ini, terdapat stasiun pengukur aliran gas alam Rusia yang dialirkan melalui pipa di Ukraina menuju Eropa, menyumbang sekitar 3 persen impor gas Eropa. 

Hingga saat ini, tidak ada laporan gangguan aliran gas akibat penguasaan kota tersebut oleh Ukraina.

Zelenskyy menyebutkan pihaknya sedang mendirikan kantor komando militer di Sudzha, langkah yang mengindikasikan Ukraina mungkin berencana untuk bertahan lama di wilayah Kursk, atau setidaknya memberikan sinyal tegas kepada Moskow. 

Meski tidak dijelaskan lebih terperinci tentang tugas kantor tersebut, Zelenskyy sebelumnya menyebut Ukraina akan mendistribusikan bantuan kemanusiaan bagi warga Sudzha yang membutuhkan.

Hingga kini, Rusia belum memberikan tanggapan resmi terkait klaim Zelenskyy. 

Baca Juga: Rusia Umumkan Darurat Federal di Belgorod usai Serangan Ukraina, Seluruh Warga Kursk Wajib Evakuasi

Warga Kursk bersiap mengungsi. Pemerintah Rusia resmi menetapkan status darurat federal di wilayah Belgorod pada Kamis (15/8/2024), menyusul serangan pasukan Ukraina. (Sumber: Anadolu/TASS)

Namun, Kementerian Pertahanan Rusia pada hari yang sama menyatakan pasukannya telah memblokir upaya Ukraina untuk merebut beberapa komunitas lainnya.

Serangan lintas batas yang mendadak ini telah menyebabkan kekacauan di Kursk. 

Menurut otoritas Rusia, lebih dari 120.000 warga sipil telah dievakuasi. Sementara Kiev mengeklaim telah menangkap setidaknya 100 tentara Rusia.




Sumber : Associated Press




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x