Kompas TV internasional kompas dunia

Kesaksian Pilu Para Tawanan Palestina: Penyiksaan dan Pelecehan yang Makin Brutal di Penjara Israel

Kompas.tv - 13 Agustus 2024, 03:05 WIB
kesaksian-pilu-para-tawanan-palestina-penyiksaan-dan-pelecehan-yang-makin-brutal-di-penjara-israel
Aktivis politik Palestina Munthir Amira menunjukkan perlakuan yang diterimanya dari penjaga Israel selama penahanannya, di luar gerbang kamp pengungsi Aida di kota Betlehem, Tepi Barat, Jumat, 5 Juli 2024. (Sumber: AP Photos)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Desy Afrianti

GAZA, KOMPAS  TV – Kekerasan yang semakin brutal, ruangan yang terlalu sesak, dan kelangkaan makanan pokok menjadi kisah harian yang disampaikan oleh para tahanan Palestina yang baru saja dibebaskan dari penjara Israel.

Dalam suasana yang penuh emosi, mereka berbagi cerita mengenai kondisi penjara yang kian memburuk sejak perang di Gaza dimulai sepuluh bulan lalu, sebuah kenyataan pahit yang tidak mudah dilupakan, seperti laporan Associated Press hari Senin, 12/8/2024.

Pihak Israel sendiri mengakui mereka sengaja memperketat kondisi di penjara-penjara Palestina. Bahkan, Menteri Keamanan Nasional yang dikenal brutal, Itamar Ben Gvir, dengan bangga menyatakan penjara-penjara di bawah pengawasannya tidak akan lagi menjadi "kamp musim panas."

Empat orang Palestina yang baru dibebaskan berbicara kepada The Associated Press tentang bagaimana perlakuan yang mereka terima semakin kejam setelah serangan 7 Oktober, yang memicu perang terbaru antara Israel dan Hamas di Gaza. Beberapa dari mereka keluar dari tahanan dalam kondisi tubuh yang kurus kering dan jiwa yang terluka parah.

Muazzaz Abayat, seorang tahanan yang baru dibebaskan pada Juli setelah enam bulan di penjara Naqab di Israel selatan, tidak mampu menceritakan banyak tentang pengalamannya. Tubuhnya lemah, pandangannya kosong, dan kata-katanya tersendat ketika ia mengungkapkan dirinya sering dipukuli. Kini, di rumahnya yang sederhana di luar Bethlehem, pria berusia 37 tahun itu hampir tidak bisa bergerak dari kursinya.

"Di malam hari, dia sering berhalusinasi, berdiri di tengah rumah dengan wajah penuh ketakutan, mengingat kembali rasa sakit dan siksaan yang ia alami," ungkap sepupunya, Aya Abayat.

Seperti banyak tahanan lainnya, Muazzaz ditahan dalam apa yang disebut penahanan administratif, sebuah prosedur yang memungkinkan Israel menahan seseorang tanpa batas waktu dan tanpa tuduhan.

Meski AP tidak dapat memverifikasi kesaksian para tahanan ini secara independen, cerita mereka memiliki kemiripan meskipun mereka ditahan di tempat yang berbeda.

Baca Juga: Kekejaman Israel terhadap Tahanan Palestina Terungkap: Hanya Tiga Sendok Nasi per Orang Setiap Hari

Profesor bahasa Arab yang sudah pensiun, Omar Assaf, berbicara di telepon genggamnya di antara dua foto dirinya: di sebelah kiri, foto yang tidak bertanggal sebelum ia ditahan oleh Israel di Penjara Ofer, dan di sebelah kanan, setelah dibebaskan, di rumahnya di kota Ramallah, Tepi Barat, Rabu, 3 Juli 2024. (Sumber: AP Photo)

Sementara Abayat hanya mampu berbicara sebentar, empat lainnya berbagi pengalaman mereka dengan lebih rinci, salah satunya meminta namanya dirahasiakan karena khawatir akan ditangkap kembali. Kesaksian mereka sesuai dengan laporan-laporan kelompok hak asasi manusia yang mendokumentasikan dugaan penyiksaan di fasilitas penahanan Israel.

Kekhawatiran kelompok hak asasi manusia terhadap penyiksaan para tahanan Palestina terutama tertuju pada fasilitas militer, khususnya di Sde Teiman, sebuah pangkalan di gurun yang menjadi tempat penahanan para tahanan Palestina.

Di pangkalan ini, sepuluh tentara Israel ditangkap karena diduga melakukan sodomi terhadap seorang tahanan Palestina. Fasilitas penahanan di pangkalan ini menampung sebagian besar warga Palestina yang ditangkap dalam penggerebekan di Jalur Gaza sejak perang dimulai.

Para tentara tersebut, lima di antaranya telah dibebaskan, membantah tuduhan sodomi. Pengacara mereka mengklaim para tentara menggunakan kekerasan untuk membela diri dari seorang tahanan yang menyerang mereka selama penggeledahan, namun mereka membantah adanya pelecehan seksual.

Tentara Israel menyatakan 36 tahanan Palestina meninggal di pusat penahanan yang dikelola militer sejak Oktober. Mereka mengklaim beberapa memiliki "penyakit sebelumnya atau cedera yang disebabkan oleh konflik yang sedang berlangsung," namun tidak memberikan penjelasan lebih lanjut.

Laporan autopsi dari lima tahanan menunjukkan adanya tanda-tanda trauma fisik, seperti tulang rusuk yang patah, sementara kematian seorang tahanan lainnya "dapat dicegah jika ada perawatan medis yang lebih baik." Laporan ini diberikan kepada AP oleh Physicians for Human Rights-Israel, sebuah organisasi hak asasi manusia Israel yang dokter-dokternya mengamati proses autopsi tersebut.

Di tengah desakan untuk menutup fasilitas Sde Teiman, militer Israel mulai memindahkan ratusan tahanan Palestina dari pangkalan tersebut ke penjara-penjara yang dikelola oleh kementerian Ben Gvir.

Namun, menurut Abayat dan lainnya yang berbicara kepada AP, kondisi di fasilitas-fasilitas tersebut sama menyedihkannya. Munthir Amira, seorang aktivis politik dari Tepi Barat yang ditahan di Penjara Ofer, menceritakan bagaimana para penjaga sering kali memukuli tahanan sebagai hukuman, atau bahkan tanpa alasan sama sekali.

Amira menggambarkan kondisi di selnya yang penuh sesak. Ia dan 12 tahanan lainnya terpaksa berbagi satu sel kecil dengan hanya enam tempat tidur dan beberapa selimut tipis, membuat mereka kedinginan selama malam-malam musim dingin.




Sumber : Associated Press




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x