Kompas TV internasional kompas dunia

Penguntit Perempuan di Jepang Daftarkan Pernikahan tanpa Izin Pihak Lelaki, Kini Semua Jadi Rumit

Kompas.tv - 11 Agustus 2024, 01:45 WIB
penguntit-perempuan-di-jepang-daftarkan-pernikahan-tanpa-izin-pihak-lelaki-kini-semua-jadi-rumit
Di Jepang, seorang perempuan yang diduga menjadi pelaku penguntitan seorang laki-laki berhasil mendaftarkan pernikahan mereka berdua ke catatan sipil tanpa persetujuan sang laki-laki. Kasus ini mengungkap kelemahan serius dalam sistem pengakuan pernikahan di negara tersebut. (Sumber: AP Photo)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Vyara Lestari

TOMISATO, KOMPAS.TV - Di Jepang, seorang perempuan yang diduga menjadi pelaku penguntitan seorang laki-laki berhasil mendaftarkan pernikahan mereka berdua ke catatan sipil tanpa persetujuan sang laki-laki. Kasus ini mengungkap kelemahan serius dalam sistem pengakuan pernikahan di negara tersebut.

Kejadian ini bermula ketika Yuria Yamamoto, seorang videografer online berusia 35 tahun, ditangkap karena diduga memalsukan dokumen pernikahan dan menyerahkannya ke kantor pemerintah Kota Tomisato. Yamamoto dituduh memalsukan dokumen pribadi dan menyebabkan catatan elektronik yang salah. Kini, ia tengah menjalani proses hukum.

Di Jepang, ternyata bukan hal yang aneh jika ada pernikahan yang terdaftar tanpa sepengetahuan salah satu pihak. Seorang ahli perceraian, Mari Takahashi, yang juga pengacara dan mantan jaksa di Daini Tokyo Bar Association, mengungkapkan pernikahan seperti ini cukup sering terjadi. Biasanya, motif di balik tindakan ini berkaitan dengan usaha mengubah identitas, terutama bagi mereka yang memiliki catatan buruk seperti utang.

Baca Juga: 3 Artis Asal Cina-Jepang Dideportasi saat Tampil di Lampung

Pengunjung berjalan di Pasar Luar Tsukiji di Tokyo, Jepang, Jumat (7/6/2024). (Sumber: AP Photo/Eugene Hoshiko)

Men-doxing Korban Lewat Video

Yamamoto, yang tidak punya tempat tinggal tetap, sebelumnya sudah diperingatkan oleh polisi karena terus-menerus mengganggu korbannya. Korban yang identitasnya dirahasiakan, adalah seorang produser konten video yang dikenal Yamamoto sejak tahun 2016. Yamamoto awalnya menemukan video korban secara online, lalu menghubunginya hingga mereka saling mengenal.

Namun, hubungan mereka berubah menjadi tidak sehat. Yamamoto mulai mengirim pesan berkali-kali dan muncul di rumah korban tanpa pemberitahuan. Bahkan setelah mendapatkan peringatan dari polisi, Yamamoto tetap tidak berhenti. Ia masih meninggalkan hadiah dan surat di kotak surat korban, serta terus menekan tombol interkom rumahnya.

Pada September hingga awal Oktober 2023, Yamamoto mengirimkan pesan online setiap hari kepada korban, dengan permintaan seperti "Bisakah kita bertemu?" dan "Aku ingin bertemu denganmu sendirian." Namun, korban tidak pernah menanggapi pesan-pesan tersebut.

Yamamoto kemudian mengambil langkah lebih jauh dengan mendaftarkan pernikahan mereka di kantor pemerintah kota Tomisato pada 10 Oktober 2023. Saat seorang petugas bertanya apakah nama suami diisi "oleh pria itu sendiri," Yamamoto mengiyakan, sehingga aplikasi tersebut dianggap sah.

Korban baru mengetahui pernikahan tersebut setelah Yamamoto mengumumkan melalui video bahwa mereka telah "menikah." 




Sumber : Asahi Shimbun




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x