Kompas TV internasional kompas dunia

1 WNI Meninggal Dunia akibat Kebakaran Hotel di Tengah Kerusuhan di Bangladesh

Kompas.tv - 6 Agustus 2024, 14:07 WIB
1-wni-meninggal-dunia-akibat-kebakaran-hotel-di-tengah-kerusuhan-di-bangladesh
Orang-orang berlarian melewati pusat perbelanjaan yang dibakar di Dhaka, Bangladesh, Minggu, 4 Agustus 2024. (Sumber: AP Photo/Rajib Dhar)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Desy Afrianti

DHAKA, KOMPAS.TV — Seorang Warga Negara Indonesia (WNI) berinisial DU meninggal dunia di Jashore, Bangladesh, Senin (5/8/2024).

Menurut kabar dari Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Dhaka, Kementerian Luar Negeri (Kemlu) mengatakan DU dilaporkan tewas akibat menghirup terlalu banyak asap dari kebakaran yang terjadi di hotel tempatnya menginap. 

Insiden kebakaran terjadi di tengah kerusuhan yang melanda kawasan tersebut. DU diketahui baru tiba di Bangladesh pada 1 Agustus 2024 untuk keperluan bisnis. 

Seorang pengunjuk rasa membakar ban karet selama protes terhadap Perdana Menteri Sheikh Hasina dan pemerintahannya di Dhaka, Bangladesh, Senin, 5 Agustus 2024. (Sumber: AP Photo/Rajib Dhar)

Kementerian Luar Negeri (Kemlu) Indonesia telah menghubungi keluarga almarhum di tanah air untuk menyampaikan belasungkawa. 

Selain itu, Kemlu juga bekerja sama dengan perusahaan tempat DU bekerja untuk mempercepat proses pemulangan jenazah ke Indonesia.

Baca Juga: KBRI London Imbau WNI Waspadai Meluasnya Kerusuhan di Inggris

"Kemlu telah menghubungi keluarga almarhum di Indonesia untuk menyampaikan ucapan belasungkawa dan akan memfasilitasi repatriasi jenazah, bekerja sama dengan perusahaan tempat almarhum bekerja," bunyi pernyataan Kemlu, Selasa (6/8/2024).

Menyikapi situasi keamanan yang kian memanas di Bangladesh, Kemlu dan KBRI Dhaka mengimbau seluruh WNI yang berada di negara tersebut untuk meningkatkan kewaspadaan. 

WNI diminta untuk menghindari kerumunan massa dan lokasi demonstrasi, serta mengikuti langkah-langkah kontingensi yang telah diarahkan oleh KBRI Dhaka.

"Bagi WNI yang memiliki rencana perjalanan ke Bangladesh, diimbau untuk menunda perjalanan ke Bangladesh, sampai situasi dan kondisi keamanan membaik," tulis Kemlu.

Dalam kondisi darurat, WNI yang berada di Bangladesh diminta untuk segera melaporkan kondisi mereka kepada otoritas keamanan setempat dan menghubungi hotline KBRI Dhaka. Berikut kontak yang dapat dihubungi:

1.⁠ ⁠KBRI Dhaka: (+880) 1614444552  
2.⁠ ⁠Direktorat Pelindungan WNI Kemlu: (+62) 812 9007 0027   

Baca Juga: Situasi Bangladesh Makin Genting usai Bentrokan Maut, Kubu Anti-Pemerintah Siap Serbu Dhaka




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



Kunjungan Paus ke Indonesia

FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x