Kompas TV internasional kompas dunia

Timur Tengah Memanas usai Pembunuhan Ismail Haniyeh, Prancis Minta Warga Negaranya Tinggalkan Iran

Kompas.tv - 2 Agustus 2024, 22:16 WIB
timur-tengah-memanas-usai-pembunuhan-ismail-haniyeh-prancis-minta-warga-negaranya-tinggalkan-iran
Helikopter militer Israel melepaskan suar di atas perbatasan Israel-Gaza seperti yang terlihat dari Israel selatan, Selasa, 23 Juli 2024. (Sumber: AP Photo)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Vyara Lestari

PARIS, KOMPAS.TV - Seiring situasi geopolitik di kawasan Timur Tengah yang semakin memanas, Prancis meminta warga negaranya untuk meninggalkan Iran secepat mungkin.

Langkah ini diambil akibat meningkatnya risiko eskalasi militer di kawasan itu. Kementerian Luar Negeri Prancis pun melarang perjalanan apapun ke Iran.

“Sebagai pengingat, seluruh wilayah Iran ditandai dengan warna merah pada peta saran perjalanan. Oleh karena itu, warga negara Prancis secara resmi disarankan untuk tidak bepergian ke Iran, apa pun alasannya,” bunyi pernyataan Kementerian Luar Negeri Prancis dikutip dari Anadolu, Jumat (2/8/2024).

Seperti diketahui, ketegangan di wilayah Timur Tengah meningkat usai pembunuhan terhadap pemimpin politik Hamas, Ismail Haniyeh, di Teheran, Iran. Berdasarkan berbagai laporan yang terungkap, Haniyeh tewas saat berada di kediamannya di Teheran akibat ledakan bom. 


Meski Israel tidak mengakui secara langsung, mereka diyakini yang melakukan pembunuhan terhadap Haniyeh tersebut. Akibat kematian Haniyeh, sejumlah negara di kawasan tersebut seperti Iran berjanji bakal melakukan pembalasan ke Israel.

Dengan potensi pecahnya konflik, sejumlah maskapai penerbangan internasional pun telah mengubah rute mereka secara signifikan untuk menghindari wilayah udara yang berisiko tinggi. 

Baca Juga: Iran Disebut Segera Serang Israel untuk Balas Kematian Ismail Haniyeh, AS Siap-Siap

Dilansir dari Strait Times, Singapore Airlines, EVA Air, dan China Airlines, misalnya, telah berhenti menerbangkan rute melalui wilayah udara Iran, memilih jalur alternatif untuk memastikan keselamatan penerbangan mereka. 

Maskapai Polandia LOT juga membatalkan delapan penerbangan menuju Lebanon dan Israel setelah menganalisis situasi keamanan yang memburuk.

Selain itu, OPSGROUP, sebuah organisasi yang memantau risiko penerbangan, menyarankan agar lalu lintas udara antara Asia dan Eropa menghindari wilayah udara Iran dan Irak. 

Peringatan ini menyusul laporan bahwa pejabat tinggi Iran akan bertemu dengan perwakilan dari Lebanon, Irak, dan Yaman untuk membahas kemungkinan balasan terhadap Israel. 

Kejadian ini juga telah memicu pembatalan dan penundaan penerbangan menuju Beirut setelah serangan di Dataran Tinggi Golan yang diduga dilakukan oleh kelompok bersenjata Hizbullah.

Sementara beberapa maskapai, seperti Etihad, Emirates, FlyDubai, Qatar Airways, dan Turkish Airlines, masih menerbangkan rute melalui Iran. Banyak pula maskapai yang menghentikan penerbangan ke Tel Aviv, termasuk Air India, Lufthansa, United Airlines, Delta Air, dan ITA Airways. 

Kanada juga mengeluarkan pemberitahuan untuk menghindari wilayah udara Lebanon selama satu bulan, dan Inggris telah memperingatkan potensi risiko dari senjata anti-pesawat dan aktivitas militer di wilayah udara Lebanon.

Baca Juga: Kecanggihan Mossad Tembus Intelijen Iran untuk Bunuh Ismail Haniyeh

 

 




Sumber : Anadolu/Strait Times




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x