Kompas TV internasional kompas dunia

Bertemu Prabowo di Moskow, Putin Titip Salam untuk Jokowi

Kompas.tv - 31 Juli 2024, 21:55 WIB
bertemu-prabowo-di-moskow-putin-titip-salam-untuk-jokowi
Presiden Rusia Vladimir Putin bertemu dengan Menteri Pertahanan RI sekaligus presiden terpilih Prabowo Subianto di Kremlin, Moskow, Rabu (31/7/2024). (Sumber: Kremlin.ru)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Vyara Lestari

MOSKOW, KOMPAS.TV - Presiden Rusia Vladimir Putin bertemu dengan Menteri Pertahanan RI sekaligus Presiden terpilih Prabowo Subianto di Kremlin, Moskow, Rabu (31/7/2024).

Dalam pertemuan tersebut, Putin menyoroti hubungan yang erat antara Rusia dan Indonesia serta mengapresiasi peran Prabowo dalam memperkuat hubungan tersebut. 

Putin menekankan sejarah panjang persahabatan antara kedua negara, yang akan merayakan 75 tahun hubungan diplomatik pada tahun depan. 

Ia juga mencatat peningkatan yang signifikan dalam hubungan perdagangan dan ekonomi antara kedua negara, bahkan di tengah pandemi dan tantangan global lainnya.

"Rusia memiliki hubungan persahabatan yang sangat erat dengan Indonesia selama beberapa dekade. Tahun depan kita merayakan 75 tahun hubungan diplomatik antar negara kita," kata Putin dikutip dari Kremlin.ru.

"Saya harus mencatat bahwa hubungan perdagangan dan ekonomi baru-baru ini berkembang dengan sangat sukses: terlepas dari pandemi dan semua peristiwa yang terjadi di sekitar Rusia dan pembatasan yang terkait dengannya, omzet perdagangan kita masih terus meningkat - dalam beberapa tahun terakhir jumlahnya meningkat dua kali lipat. Ini adalah tren yang sangat bagus dan terus membuat kami senang. Saya berharap situasi ini akan terus berlanjut," ucapnya.

Putin menyebut pentingnya perjanjian zona perdagangan bebas antara Masyarakat Ekonomi Eurasia dan Indonesia yang diharapkan akan memperkuat hubungan ekonomi lebih lanjut.

Selain itu, Rusia siap untuk meningkatkan kerja sama di berbagai bidang, termasuk pertanian, energi, transportasi, dan infrastruktur.

Baca Juga: Prabowo Bertemu Vladimir Putin di Moskow, Kenang Jasa-Jasa Soviet: Rusia Adalah Teman Baik Kami

Dalam sambutannya kepada Prabowo, Putin juga menyampaikan dukungan berkelanjutan Rusia terhadap kerja sama di bidang kemanusiaan, seperti pendidikan, dengan pelajar Indonesia yang belajar di Rusia. Ia juga menyoroti pentingnya koordinasi posisi kedua negara dalam arena internasional, khususnya dalam kerangka ASEAN.

Di akhir sambutannya, Putin menyampaikan ucapan selamat kepada Prabowo atas terpilihnya sebagai Presiden Indonesia dan mendoakan kesuksesan dalam melayani negara dan rakyatnya.

"Kami sangat senang melihat Anda. Sekali lagi, saya mengucapkan selamat secara pribadi kepada Anda atas terpilihnya Anda sebagai Presiden Indonesia. Saya ingin mendoakan yang terbaik untuk Anda dalam melayani negara dan rakyat Anda," ucap Putin.

Prabowo lantas mengucapkan rasa terima kasih atas kehormatan yang diberikan kepadanya selama kunjungan tersebut, serta keinginan untuk memperkuat hubungan bilateral antara Indonesia dan Rusia. 

"Saya ingin mengucapkan terima kasih atas kehormatan besar yang telah Anda tunjukkan kepada saya, karena telah menerima saya dan menyetujui kunjungan ini dalam waktu yang singkat," tutur Prabowo.




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x