Kompas TV internasional kompas dunia

Prabowo Bertemu Vladimir Putin di Moskow, Kenang Jasa-Jasa Soviet: Rusia Adalah Teman Baik Kami

Kompas.tv - 31 Juli 2024, 20:14 WIB
prabowo-bertemu-vladimir-putin-di-moskow-kenang-jasa-jasa-soviet-rusia-adalah-teman-baik-kami
Presiden terpilih RI, Prabowo Subianto saat bertemu dengan Presiden Rusia Vladimir Putin di Moskow, Rusia, Rabu (31/7/2024). (Sumber: Kompas TV)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Iman Firdaus

MOSKOW, KOMPAS.TV - Presiden terpilih RI, Prabowo Subianto, bertemu dengan Presiden Rusia Vladimir Putin di Moskow, Rusia, Rabu (31/7/2024). Dalam kesempatan tersebut, Prabowo menyatakan keinginannya untuk meningkatkan hubungan diplomatik antara Indonesia dengan Rusia.

Prabowo Singgung Jasa-Jasa Uni Soviet saat bertemu Putin

"Kami menganggap Rusia sebagai teman baik dan saya ingin melanjutkan untuk menjaga dan meningkatkan hubungan ini. Sepanjang sejarah kami, kami mengingat bahwa Rusia selalu membantu kami dalam berbagai aspek," kata Prabowo.

Baca Juga: Prabowo Tiba di Ankara Bertemu Menhan dan Presiden Turki, Agenda Pembicaraan Belum Diungkap

Menteri Pertahanan RI itu pun menyinggung bahwa Rusia, sewaktu masih berbentuk Uni Soviet, membantu meningkatkan kekuatan militer Indonesia. Prabowo juga menyebut banyak proyek infrastruktur di Jakarta yang berhasil dibangun berkat bantuan Soviet.

"Kalian juga membantu kami membangun kekuatan militer saat kami terancam. Jadi, ini sesuatu yang kami warisi dari orang tua kami, bahwa kami tidak boleh melupakan mereka yang memberikan bantuan," katanya.

Prabowo mengaku telah menyiapkan peta jalan untuk peningkatan hubungan diplomatik dengan Rusia. Usai dilantik pada Oktober 2024 mendatang, Ketua Umum Partai Gerindra itu mengaku hendak meningkatkan kerja sama di berbagai bidang.

Prabowo menyebut pihaknya hendak meningkatkan kerja sama di bidang keamanan pangan, keamanan energi, dan pendidikan. Suksesor Joko Widodo itu pun menyinggung potensi kerja sama nuklir dengan BUMN nuklir Rusia, Rosatom.

"Saya berencana menginisiasi program beasiswa yang masif untuk mengirim pelajar kami ke luar Indonesia, khususnya untuk pendidikan dokter, karena kami kekurangan sekitar 160.000 dokter," kata Prabowo.

Prabowo diketahui mengadakan safari kunjungan ke luar negeri usai menghadiri pembukaan Olimpiade Paris 2024 pada akhir pekan lalu. Sebelum bertemu Putin, Menteri Pertahanan RI ini bertemu Presiden Prancis Emmanuel Macron, Presiden Serbia Aleksandar Vucic, dan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan.

Baca Juga: Putin Janjikan Tindakan Balasan Setara atas Penempatan Rudal AS di Jerman


 




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x