Kompas TV internasional kompas dunia

Prabowo Bertemu Presiden IOC Thomas Bach, Akankah Olimpiade IKN 2036 Terwujud?

Kompas.tv - 28 Juli 2024, 16:50 WIB
prabowo-bertemu-presiden-ioc-thomas-bach-akankah-olimpiade-ikn-2036-terwujud
Presiden terpilih RI, Prabowo Subianto bertemu dengan Presiden Komite Olimpiade Internasional (IOC) Thomas Bach di Prancis. (Sumber: Erick Thohir via Instagram)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Vyara Lestari

PARIS, KOMPAS.TV - Presiden terpilih RI, Prabowo Subianto bertemu dengan Presiden Komite Olimpiade Internasional (IOC) Thomas Bach di Prancis. Prabowo dilaporkan membahas potensi Indonesia menjadi tuan rumah acara olahraga level internasional.

Menteri BUMN Erick Thohir yang membersamai Prabowo saat bertemu Bach, menyebut Prabowo ingin melihat Indonesia menjadi panggung acara kelas dunia. Acara tersebut termasuk Olimpiade, acara olahraga yang belum pernah digelar di Asia Tenggara.

"Kami menjelaskan tentang potensi Indonesia untuk bisa menjadi tuan rumah event-event olahraga level internasional termasuk Olimpiade di masa depan," kata Erick melalui media sosial Instagram, Minggu (28/7/2024).

Baca Juga: IOC Minta Maaf usai Perkenalkan Kontingen Korea Selatan sebagai Atlet Korea Utara di Olimpiade Paris

Erick menyebut Indonesia telah membuktikan diri dengan dipercaya menjadi tuan rumah acara internasional seperti Piala Dunia U17 2023, Kejuaraan Dunia Bola Basket 2023, dan Asian Games 2018.

"Kecintaan Pak Prabowo terhadap olahraga membuat beliau ingin melihat Indonesia kembali menjadi panggung untuk event level dunia," kata Erick.

Selain bertemu Thomas Bach, Prabowo dan Erick juga dilaporkan bertemu Presiden FIFA Gianni Infantino. Pertemuan ini disebut membahas peningkatan kerja sama sepak bola secara ekstensif.

Infantino pun dilaporkan mengapresiasi keberhasilan Indonesia saat menjadi tuan rumah Piala Dunia U17. FIFA juga telah meresmikan kantor regional baru yang didirikan di Jakarta.

"Kami membahas hubungan kerja FIFA yang fantastis dengan Indonesia dan PSSI, serta kemajuan fantastis yang dicapai oleh negara yang indah ini dalam beberapa waktu terakhir. Kami juga membahas tentang peningkatan popularitas sepak bola di kalangan pemuda,” kata Infantino dalam sebuah keterangan.

Indonesia diketahui telah menawarkan diri sebagai calon tuan rumah Olimpiade 2036. Pada 2022 lalu, Presiden RI Joko Widodo menyebut Oimpiade 2036 berpeluang digelar di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Baca Juga: Satgas IKN: Bendungan Sepaku Semoi dan Intake Sepaku Bisa Pasok Air Baku 10 Tahun


 




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x