Kompas TV internasional kompas dunia

Mengenal El Mayo Zambada, Bos Asli Kartel Narkoba Sinaloa yang Puluhan Tahun Lolos dari Kejaran AS

Kompas.tv - 27 Juli 2024, 20:50 WIB
mengenal-el-mayo-zambada-bos-asli-kartel-narkoba-sinaloa-yang-puluhan-tahun-lolos-dari-kejaran-as
Ismael Zamada atau El Mayo, pendiri kartel Sinaloa sekaligus rekan Joaquin Guzman atau El Chapo, yang ditangkap agen federal AS. (Sumber: DEA/ICE via BBC)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Edy A. Putra

PHOENIX, KOMPAS.TV - Ismael “El Mayo” Zambada, pemimpin puncak, bos asli dan salah satu pendiri kartel narkoba Sinaloa di Meksiko, puluhan tahun selalu lolos dari kejaran penegak hukum Amerika Serikat (AS).

Kartel ini sekarang berkembang menjadi produsen dan penyelundup narkoba fentanil ilegal dan obat-obatan lainnya ke AS.

Zambada, yang kini berusia 76 tahun, pernah memimpin kartel ini bersama Joaquín “El Chapo” Guzmán Loera, yang kini menjalani hukuman penjara seumur hidup di penjara AS.

Pada Kamis (25/7/2024) lalu, Zambada dan putra Guzmán, Joaquín Guzmán López, ditangkap di Texas setelah mereka tiba dengan pesawat pribadi.

Zambada ditahan tanpa jaminan setelah mengaku tidak bersalah atas serangkaian tuduhan perdagangan narkoba di pengadilan federal di El Paso.

Siapa Zambada?

Lahir pada tahun 1948 di negara bagian Sinaloa, Meksiko, Zambada dikenal luas dengan julukan “El Mayo,” singkatan dari Ismael.

Zambada diyakini memulai karier kriminalnya sebagai penegak hukum pada tahun 1970-an.

Dia kemudian menjadi tokoh utama di kartel Juarez hingga pemimpinnya, Miguel Angel Felix Gallardo, ditangkap pada tahun 1989 karena penculikan dan pembunuhan agen narkoba AS, Enrique “Kiki” Camarena, oleh para pengedar narkoba di Meksiko.

Organisasi Juarez terpecah dan Zambada bergabung dengan “El Chapo” Guzmán, membantu mengubah sindikat penyelundupan regional menjadi kartel Sinaloa yang luas.

Selama puluhan tahun, Zambada menjadi ahli strategi dan negosiator kartel, mengawasi operasi sehari-hari sambil menghindari gaya hidup mewah dan kekerasan yang paling brutal.

Dia menggunakan kedermawanan untuk menarik simpati penduduk lokal di Sinaloa, di mana para pemimpin kartel telah lama diabadikan dalam balada yang disebut “narcocorridos.”

“Dia seperti George Washington dalam perdagangan narkoba di Meksiko. Figur yang sangat besar,” kata Elaine Shannon, seorang jurnalis AS dan penulis yang pertama kali mendengar tentang Zambada pada pertengahan 1980-an saat menulis bukunya tentang pembunuhan Camarena pada tahun 1985, Desperados: Latin Druglords, U.S. Lawmen, and the War America Can’t Win.

Pemerintah AS menawarkan hadiah hingga 15 juta dolar (atau sekitar Rp244 miliar) untuk informasi yang mengarah pada penangkapan Zambada.

Baca Juga: Pendiri Kartel Sinaloa Sekaligus Rekan Al Chapo Ditangkap, Disebut yang Mengontrol Segalanya

Ismael “El Mayo” Zambada, pemimpin bersejarah kartel Sinaloa Meksiko (kiri), dan Joaquín Guzmán López, putra pemimpin kartel terkenal lainnya, ditangkap pada Kamis, 25 Juli 2024. (Sumber: AP Photo)

Bisnis Kartel Sinaloa

Perdagangan paling menguntungkan saat ini adalah fentanil, yang sebagian besar diolah menjadi pil dalam operasi besar-besaran di selatan perbatasan AS dengan melibatkan ahli kimia profesional.

Pejabat Bea Cukai dan Perlindungan Perbatasan AS mengatakan sebagian besar fentanil diselundupkan ke negara tersebut melalui pintu masuk resmi, biasanya dalam truk-truk besar yang membawa barang-barang pabrikan atau hasil bumi.




Sumber : Associated Press




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x