Kompas TV internasional kompas dunia

Unggul di Survei sebagai Pengganti Biden di Pilpres AS, Ini Sederet Tugas Kamala untuk Kejar Trump

Kompas.tv - 23 Juli 2024, 14:40 WIB
unggul-di-survei-sebagai-pengganti-biden-di-pilpres-as-ini-sederet-tugas-kamala-untuk-kejar-trump
Kamala Harris tiba untuk berpidato dari Halaman Selatan Gedung Putih di Washington, Senin, 22 Juli 2024, dalam sebuah acara bersama atlet perguruan tinggi NCAA. Ini adalah penampilan publik pertamanya sejak Presiden Joe Biden mendukungnya untuk menjadi calon presiden berikutnya dari Partai Demokrat. (Sumber: AP Photo)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Iman Firdaus

WASHINGTON, KOMPAS TV - Ini adalah daftar tugas yang menantang Kamala Harris yang tiba-tiba harus mempersiapkan kampanye presiden Amerika Serikat hampir dari nol.

Proses ini biasanya memakan waktu berbulan-bulan, bahkan bertahun-tahun. Harris hanya punya waktu sekitar dua bulan sebelum pemungutan suara awal dimulai, seperti laporan Associated Press hari Selasa 33/7/2024.

Tidak ada yang dijamin, meskipun ia mendapat dukungan dari Presiden Joe Biden dan bagian penting dari kampanyenya setelah Biden mundur dari pencalonan pada hari Minggu.

Itu berarti Kamala harus cepat mengumpulkan uang, menyusun strategi, merekrut staf, membuat situs web, membuat iklan, merencanakan konvensi, dan seterusnya. Daftar tugasnya panjang, tetapi setidaknya, pada Senin pagi, dia sudah punya logo kampanye.

Kamala  punya keuntungan besar karena dia sudah punya  tiket Demokrat sebagai calon wakil presiden dan pernah mencalonkan diri pada tahun 2020 untuk presiden. Dengan dukungan dari Biden, dia mendapat dukungan dari cukup banyak delegasi untuk menjadi calon partainya.

"Ini lebih mudah dilakukan dengan Harris, yang sudah berada di panggung nasional," kata ahli jajak pendapat Demokrat Cornell Belcher.

Baca Juga: Detik-Detik Mundurnya Joe Biden dari Pilpres AS, Bahkan Kamala Harris Baru Tahu di Saat Terakhir

Kamala Harris tiba untuk berpidato dari Halaman Selatan Gedung Putih di Washington, Senin, 22 Juli 2024, dalam sebuah acara bersama atlet perguruan tinggi NCAA. Ini adalah penampilan publik pertamanya sejak Presiden Joe Biden mendukungnya untuk menjadi calon presiden berikutnya dari Partai Demokrat. (Sumber: AP Photo)

Perlu Mengumpulkan Uang

Meskipun kampanye ini seperti memulai dari awal, Harris memiliki keunggulan. Ini berkat infrastruktur kampanye Biden yang sudah ada dan akan ia warisi. Ada kantor kampanye di Wilmington, Delaware. Komite kampanye resmi telah diubah namanya untuk Kamala, menurut berkas dengan Komisi Pemilihan Federal. Dia bisa mempertahankan banyak staf kampanye Biden dan menambahkan timnya sendiri.

"Kampanye pada dasarnya adalah perusahaan rintisan dengan ratusan juta dolar, dengan ratusan staf, yang semuanya mencoba melakukan banyak hal dalam waktu singkat," kata Joe Caiazzo, yang merupakan direktur negara bagian New Hampshire untuk kampanye presiden Bernie Sanders pada tahun 2020. "Dan ada seluruh kelas operasional Demokrat yang siap dan menunggu."

Tetapi hal besar yang mungkin adalah uang: Pada awal Juli, komite kampanye sudah memiliki hampir AS$96 juta uang tunai. Itu memungkinkan Harris untuk memulai tanpa menunggu dana terkumpul. Dan kemunculannya sebagai kandidat kuat menghasilkan antusiasme baru setelah perdebatan Biden 27 Juni lalu mengguncang kepercayaan pendukung dan pemilih Demokrat. Dalam sehari setelah menerima dukungan Biden, Harris mengumpulkan AS$81 juta, jumlah tertinggi dalam 24 jam tahun ini oleh kampanye mana pun, menurut timnya.

Ada juga komite independen yang mendukung setiap kampanye yang juga meningkatkan total pengeluaran mereka. Namun, Harris memasuki persaingan saat Donald Trump dari Partai Republik memiliki momentum finansial, dengan kampanyenya melaporkan $128,1 juta uang tunai siap pakai.

Baca Juga: Trump Ejek Biden yang Mundur dari Pilpres AS, Lanjut Serang Harris yang Dinominasikan Demokrat

Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden dan Wakil Presiden AS Kamala Harris. (Sumber: Joe Biden via X)

Perlu Mengamankan Dukungan Untuk Biden

Dibutuhkan 1.976 dukungan utusan atau delegasi untuk memenangkan nominasi Demokrat. Kamala Harris punya lebih dari itu. Momen mundurnya Biden memungkinkan delegasi yang dimenangkannya  dalam proses pemilihan awal internal partai Demokrat untuk mendukung siapa pun yang mereka inginkan. 

Federasi Buruh Amerika Serikat dan Kongres Industri (AFL-CIO) hari Senin dengan suara bulat mendukung Harris, setelah sebelumnya mendukung Biden dan Harris sebagai tiket bersama. Itu adalah dukungan besar dari blok Demokrat utama, karena AFL-CIO terdiri dari 60 serikat pekerja yang mewakili 12,5 juta pekerja.




Sumber : Associated Press




BERITA LAINNYA



Kunjungan Paus ke Indonesia

FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x