Kompas TV internasional kompas dunia

Joe Biden Mundur dari Pilpres AS: Pilihan Terbaik demi Partai dan Negara Saya

Kompas.tv - 22 Juli 2024, 07:53 WIB
joe-biden-mundur-dari-pilpres-as-pilihan-terbaik-demi-partai-dan-negara-saya
Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden dan Wakil Presiden AS Kamala Harris. (Sumber: Joe Biden via X)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Vyara Lestari

WASHINGTON, KOMPAS.TV - Joe Biden memutuskan untuk membatalkan pencalonannya di Pilpres Amerika Serikat (AS) 2024). Hal tersebut disampaikan Biden melalui surat terbuka yang diterbitkan pada Minggu (21/7/2024).

Biden sebelumnya didesak mundur oleh sejumlah kalangan Demokrat usai kesulitan berbicara dalam debat capres pada akhir Juni lalu. Sejumlah pihak mempertanyakan kesiapan Biden yang akan berusia 82 tahun per November mendatang.

Baca Juga: Perdebatan Makin Panas di Internal Partai Demokrat Soal Pengganti Biden, Dipilih Ulang atau Cawapres

"Melayani kalian sebagai Presiden adalah kehormatan terbesar dalam hidup saya. Dan meskipun sudah menjadi niat saya untuk dipilih kembali, saya yakin pilihan terbaik demi partai dan negara ini adalah saya mengundurkan diri dan fokus memenuhi tanggung jawab sebagai Presiden pada sisa masa jabatan saya," kata Biden melalui media sosial, Minggu (21/7).

Biden pun mengaku bangga dengan sejumlah pencapaiannya di Gedung Putih, antara lain menurunkan harga obat resep untuk lansia, meloloskan UU pengendalian senjata, dan menunjuk perempuan Afrika-Amerika pertama yang menjadi hakim Mahkamah Agung AS.

"Saya ingin berterima kasih kepada Wakil Presiden Kamala Harris sudah menjadi rekan yang luar biasa dalam semua kerja keras ini. Dan izinkan saya menyampaikan apresiasi setulusnya bagi rakyat Amerika atas kepercayaan dan keyakinan yang Anda berikan untuk saya," kata Biden.

Dengan mundurnya Biden, Partai Demokrat kemungkinan akan menominasikan Kamala Harris di Pilpres AS 2024. Nominasi Harris telah didukung sejumlah kalangan Demokrat, salah satunya dari mantan Presiden AS, Bill Clinton dan istrinya, Hillary Cinton.

Biden sendiri mendukung pencalonan Kamala Harris usai mengumumkan diri mundur dari pencalonan Pilpres AS. Biden mengaku "mendukung penuh" wakilnya itu menjadi calon presiden Partai Demokrat.

Baca Juga: Biden Ingin Lanjut Pilpres AS, Lebih dari 30 Anggota Kongres Demokrat Malah Memintanya Mundur


 




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



Kunjungan Paus ke Indonesia

FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x