Kompas TV internasional kompas dunia

Joe Biden Bersedia Mundur dari Pencalonan Pilpres AS dengan 4 Alasan Ini

Kompas.tv - 18 Juli 2024, 18:56 WIB
joe-biden-bersedia-mundur-dari-pencalonan-pilpres-as-dengan-4-alasan-ini
Presiden Joe Biden saat berjalan menuju Air Force One di Bandara Internasional Harry Reid di Las Vegas, Rabu, 17 Juli 2024. (Sumber: AP Photo)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Vyara Lestari

WASHINGTON, KOMPAS.TV – Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden dengan tegas mengatakan dia akan tetap maju dalam pemilihan presiden. Namun, dalam beberapa minggu terakhir, dia memberikan beberapa petunjuk tentang apa yang bisa membuatnya mundur, terutama saat ada desakan dari partainya sendiri agar dia mundur.

Berikut adalah alasan-alasan yang disebutkan Biden — beberapa serius, yang lain tidak — yang bisa membuatnya berpikir ulang untuk maju:

Intervensi Ilahi

Dalam sebuah wawancara dengan ABC News, saat ditanya oleh George Stephanopoulos apakah Biden yakin hanya dia yang bisa mengalahkan Donald Trump, Biden menjawab dengan tegas.

"Saya meyakini dua hal," kata Biden. "Saya orang yang paling cocok untuk mengalahkannya, dan saya tahu cara menyelesaikan pekerjaan."

Ketika Stephanopoulos bertanya lebih lanjut apakah Biden akan mundur jika yakin tidak bisa mengalahkan Trump, Biden menjawab, "Tergantung. Maksud saya, jika Tuhan Yang Maha Kuasa muncul dan mengatakan kepada saya, mungkin saya akan melakukannya."

Baca Juga: Kabar Buruk, Joe Biden Positif Covid-19 dan Harus Batalkan Kampanye

Presiden Joe Biden melambaikan tangan saat menuruni tangga Air Force One di Pangkalan Angkatan Udara Dover di Delaware, Rabu, 17 Juli 2024. Biden kembali ke rumahnya di Rehoboth Beach, Del., untuk mengisolasi diri setelah dinyatakan positif Covid-19. (Sumber: AP Photo)

Data Sahih yang Kuat

Tak ada politikus yang mau kalah, dan sepertinya Biden akan mundur jika ada bukti nyata bahwa dia akan kalah. Dalam sebuah konferensi pers setelah KTT NATO di Washington minggu lalu, Biden ditanya apakah dia akan mundur jika timnya menunjukkan bahwa Kamala Harris lebih kuat melawan Trump.

Biden awalnya menjawab "tidak", tapi kemudian dia menjelaskan.

"Kecuali mereka kembali dan mengatakan, 'tidak ada cara kamu bisa menang' ke saya," katanya, lalu  mengimbuhkan, "Tak ada yang mengatakan itu. Tak ada survei yang mengatakan itu."

Survei yang ada menunjukkan persaingan yang ketat dengan pemungutan suara tersisa hanya beberapa bulan. Beberapa survei menunjukkan Trump sedikit unggul, sementara yang lain menunjukkan tidak ada kandidat yang unggul.

Baca Juga: Jajak Pendapat AP-NORC: Hampir Dua Pertiga Demokrat Ingin Biden Mundur

Hampir dua pertiga anggota Demokrat ingin Presiden Joe Biden mundur dari pencalonan presiden dan memberi kesempatan kepada kandidat lain, menurut jajak pendapat baru AP-NORC (Sumber: APNORC)

Kecelakaan yang Tak Terduga




Sumber : Associated Press




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x