Kompas TV internasional kompas dunia

Jajak Pendapat AP-NORC: Hampir Dua Pertiga Demokrat Ingin Biden Mundur

Kompas.tv - 18 Juli 2024, 08:21 WIB
jajak-pendapat-ap-norc-hampir-dua-pertiga-demokrat-ingin-biden-mundur
Hampir dua pertiga anggota Demokrat ingin Presiden Joe Biden mundur dari pencalonan presiden dan memberi kesempatan kepada kandidat lain, menurut jajak pendapat baru. (Sumber: AP Photo)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Desy Afrianti

WASHINGTON, KOMPAS TV - Hampir dua pertiga anggota Demokrat ingin Presiden Joe Biden mundur dari pencalonan presiden dan memberi kesempatan kepada kandidat lain, menurut jajak pendapat baru. Hal ini bertentangan dengan klaim Biden pasca debat bahwa "rata-rata Demokrat" masih mendukungnya meski beberapa "tokoh besar" tidak lagi mendukungnya.

Jajak pendapat oleh AP-NORC Center for Public Affairs Research ini dilakukan saat Biden berusaha memperbaiki pencalonannya setelah kegagalannya dalam debat dua minggu lalu. Hasilnya menunjukkan bahwa hanya sekitar 3 dari 10 Demokrat yang yakin bahwa Biden memiliki kemampuan mental untuk menjabat sebagai presiden. Angka ini turun dari 40% dalam jajak pendapat AP-NORC pada Februari lalu.

Temuan ini menyoroti tantangan yang dihadapi Biden, presiden berusia 81 tahun, dalam upaya menghentikan seruan dari partainya sendiri untuk mundur dan meyakinkan Demokrat bahwa dia adalah kandidat terbaik untuk mengalahkan Donald Trump.

Jajak pendapat ini dilakukan sebagian besar sebelum upaya pembunuhan terhadap Trump di sebuah kampanye di Pennsylvania. Tidak jelas apakah insiden penembakan tersebut mempengaruhi pandangan orang tentang Biden, tetapi wawancara setelah penembakan tidak menunjukkan perubahan positif bagi Biden.

Sementara itu, ketika Wakil Presiden Kamala Harris mendapatkan sorotan tambahan di tengah pembicaraan apakah Biden harus mundur, jajak pendapat menunjukkan tingkat dukungan untuknya mirip dengan Biden — tetapi persentase orang Amerika yang memiliki pandangan tidak mendukung terhadapnya sedikit lebih rendah.

Jajak pendapat ini menunjukkan bahwa Demokrat kulit hitam adalah pendukung terkuat Biden, dengan sekitar setengah dari mereka yang disurvei mengatakan Biden harus terus mencalonkan diri, dibandingkan dengan sekitar 3 dari 10 Demokrat kulit putih dan Hispanik. Secara keseluruhan, tujuh dari 10 orang Amerika berpikir Biden harus mundur, dengan Demokrat sedikit lebih rendah dibandingkan Republik dan independen yang berpikir demikian.

"Saya benar-benar khawatir tentang kemampuannya untuk memegang jabatan ini," kata Andrew Holcomb, 27 tahun, seorang Demokrat dari Denver. "Saya pikir dia terlalu tua untuk pekerjaan ini."

Janie Stapleton, seorang Demokrat seumur hidup berusia 50 tahun dari Walls, Mississippi, memiliki pandangan berbeda, mengatakan bahwa Biden adalah "kandidat terbaik" untuk presiden.

Baca Juga: Ini Deretan Triliuner AS yang Mulai Keberatan dengan Pencalonan Biden, Bahkan Tarik Sumbangan

Hampir dua pertiga anggota Demokrat ingin Presiden Joe Biden mundur dari pencalonan presiden dan memberi kesempatan kepada kandidat lain, menurut jajak pendapat baru AP-NORC (Sumber: APNORC)

Orang-orang tidak hanya kecewa pada Biden saat menilai pilihan mereka pada musim pemilihan ini. Sekitar 6 dari 10 orang Amerika ingin Trump mundur tetapi sedikit Republikan yang setuju dengan hal itu.

Adapun Biden, Demokrat muda sangat ingin melihatnya mundur dan merasa tidak puas dengannya. Tiga perempat Demokrat di bawah usia 45 tahun ingin Biden mundur, dibandingkan dengan sekitar 6 dari 10 yang lebih tua.

"Saya merasa kedua individu ini adalah pilihan yang menyedihkan," kata Alexi Mitchell, 35 tahun, seorang pegawai negeri yang tinggal di Virginia.

Dia adalah independen yang condong ke Demokrat, dan meskipun dia berpikir Biden mungkin masih mampu secara mental untuk pekerjaan itu, dia khawatir bahwa dukungan yang terurai dalam beberapa minggu terakhir membuatnya menjadi kandidat yang lemah. "Jika dia tidak bisa mengendalikan partainya sendiri, itu adalah cacat fatal," katanya. "Dia menempatkan kita dalam posisi buruk di mana Trump mungkin menang."

Meskipun kampanye Biden optimis menjelang debat, debat tersebut hanya membuat presiden dalam posisi lebih sulit. Demokrat sekarang lebih mungkin merasa tidak puas dengan Biden sebagai calon mereka dibandingkan sebelum debat. Sekitar setengah dari mereka tidak puas, naik dari sekitar 4 dari 10 dalam jajak pendapat AP-NORC pada Juni.

Sebaliknya, sebagian besar Republikan, sekitar 6 dari 10, keluar dari debat merasa sangat atau cukup puas dengan Trump sebagai kandidat mereka.

Terlalu sedikit wawancara yang dilakukan setelah upaya pembunuhan untuk memberikan indikasi jelas apakah Republikan atau orang Amerika secara keseluruhan semakin mendukung Trump sejak saat itu.




Sumber : Associated Press




BERITA LAINNYA


Berita Daerah

Pedagang Pernak Pernik Maulid

14 September 2024, 16:34 WIB

FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x