Kompas TV internasional kompas dunia

Mengejutkan, Kelompok Israel Pemblokir Bantuan ke Gaza Terima Donasi Bebas Pajak dari AS dan Israel

Kompas.tv - 18 Juli 2024, 07:46 WIB
mengejutkan-kelompok-israel-pemblokir-bantuan-ke-gaza-terima-donasi-bebas-pajak-dari-as-dan-israel
Aktivis berdiri di depan truk yang membawa bantuan kemanusiaan saat mereka mencoba menghentikan truk-truk itu memasuki Jalur Gaza di daerah dekat perbatasan Kerem Shalom, Israel selatan, Kamis, 9 Mei 2024. (Sumber: AP Photo)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Iman Firdaus

YERUSALEM, KOMPAS TV - AS dan Israel memberi donasi bebas pajak untuk kelompok sayap kanan yang memblokir pengiriman bantuan ke korban serangan Israel di Gaza.

Padahal di bawah tekanan Amerika Serikat, Israel berjanji untuk mengirimkan bantuan kemanusiaan dalam jumlah besar ke Jalur Gaza yang hancur akibat perang. 

Tiga kelompok yang mencegah bantuan kemanusiaan mencapai Gaza, termasuk satu yang dituduh menjarah atau menghancurkan pasokan, telah mengumpulkan lebih dari $200.000 dari para donor di AS dan Israel, menurut temuan The Associated Press dan situs investigasi Israel, Shomrim, dari pemeriksaan situs penggalangan dana dan catatan publik lainnya.

Memberikan insentif pada donasi ini dengan membuatnya bebas pajak bertentangan dengan komitmen AS dan Israel untuk mengizinkan makanan, air, dan obat-obatan tanpa batas ke Gaza, kata kelompok-kelompok yang bekerja untuk mengirimkan lebih banyak bantuan ke wilayah tersebut.

Donasi ini terus berlanjut bahkan setelah AS menjatuhkan sanksi terhadap salah satu kelompok ini.

Dengan tidak menindak kelompok-kelompok ini, Israel menunjukkan "kurangnya koherensi" dalam kebijakan bantuan mereka ke Gaza, kata Tania Hary, direktur eksekutif Gisha, sebuah organisasi nirlaba Israel yang telah lama mendesak Israel untuk memperbaiki kondisi di wilayah tersebut.

"Jika di satu sisi Anda mengatakan Anda mengizinkan bantuan masuk, tetapi juga memfasilitasi tindakan kelompok-kelompok yang memblokirnya, apakah Anda benar-benar bisa mengatakan Anda memfasilitasi bantuan?" katanya.

Pejabat Israel tidak menanggapi permintaan komentar. Departemen Luar Negeri AS mengatakan berkomitmen untuk memastikan pengiriman bantuan, tetapi tidak berkomentar tentang upaya penggalangan dana oleh kelompok-kelompok sayap kanan.

Israel berulang kali mengatakan tidak membatasi bantuan kemanusiaan dan bahwa PBB gagal mendistribusikan ribuan truk barang yang telah mencapai wilayah tersebut.

Baca Juga: Cawapres Trump Ingin Perang Israel di Gaza Berakhir Secepat Mungkin

Polisi Israel mencegah aktivis menghalangi truk pengangkut bantuan kemanusiaan ke Jalur Gaza di perbatasan Kerem Shalom, Israel selatan, Senin, 29 Januari 2024. (Sumber: AP Photo)

PBB dan kelompok bantuan mengatakan pengiriman berulang kali terhambat oleh operasi militer, ketidakamanan di dalam Gaza, dan keterlambatan dalam pemeriksaan Israel.

Tiga kelompok yang diselidiki AP dan Shomrim telah memperlambat pengiriman bantuan dengan memblokir truk dalam perjalanan ke Gaza, baik dengan membuat kemacetan lalu lintas atau hanya berdiri di depan penyeberangan utama Kerem Shalom ke Gaza.

Meski organisasi-organisasi ini bukan penghalang utama pengiriman bantuan, mereka mendapat dukungan tersirat dari beberapa pemimpin Israel.

Menteri Keamanan Nasional Israel yang ultranasionalis, Itamar Ben-Gvir, mengatakan pengiriman bantuan ke Gaza harus diblokir dan mendukung hak penentang untuk berdemonstrasi, meskipun ia mengatakan hal itu tidak boleh dilakukan secara kekerasan.

Salah satu kelompok, Mother's March, telah mengumpulkan lebih dari $125.000 melalui Givechack, sebuah situs penggalangan dana Israel, menurut temuan AP dan Shomrim. Kelompok ini juga mengumpulkan sekitar $13.000 melalui JGive, sebuah situs penggalangan dana AS dan Israel. Donasi untuk organisasi amal bebas pajak di Israel dan AS.

Mother's March tidak mengumpulkan uang secara langsung. Sebaliknya, mereka bekerja sama dengan kelompok sekutu yang disebut Torat Lechima yang mengumpulkan dana atas nama mereka.

Torat Lechima, yang namanya secara longgar diterjemahkan sebagai "doktrin tempur", aktif di kalangan nasionalis Israel dan bekerja untuk "menguatkan identitas Yahudi dan semangat juang" di antara tentara Israel, menurut situs webnya. Torat Lechima terus mengumpulkan dana untuk Mother's March di situs JGive di AS.

Sampai dijatuhi sanksi bulan lalu, kelompok ketiga, Tzav 9, telah mengumpulkan lebih dari $85.000 dari hampir 1.500 donor di AS dan Israel melalui JGive. JGive mengatakan bahwa donasi yang diberikan ke Tzav 9 dibekukan bahkan sebelum sanksi dijatuhkan dan tidak diberikan kepada kelompok tersebut.

Baca Juga: Israel Targetkan Tokoh Hamas Pendiri Brigade Al Qassam Mohammed Deif, Ini Sosoknya

Aktivis Israel memblokir pintu keluar pelabuhan Ashdod untuk menghentikan truk yang mereka klaim membawa bantuan kemanusiaan ke Jalur Gaza, di Ashdod, Israel, 1 Februari 2024. (Sumber: AP Photo)




Sumber : Associated Press




BERITA LAINNYA



Kunjungan Paus ke Indonesia

FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x