Kompas TV internasional kompas dunia

Jokowi Diabadikan Jadi Nama Jalan dan Masjid di Abu Dhabi, Disematkan Tanda Jasa Setara Prabowo

Kompas.tv - 17 Juli 2024, 22:30 WIB
jokowi-diabadikan-jadi-nama-jalan-dan-masjid-di-abu-dhabi-disematkan-tanda-jasa-setara-prabowo
Presiden Joko Widodo disambut upacara kenegaraan di Qasr Al Watan, Abu Dhabi, Uni Emirat Arab (UEA), Rabu (17/7/2024). Setibanya di depan pintu masuk Qasr Al Watan, Presiden Jokowi langsung disambut Presiden UEA Muhammad bin Zayed Al Nahyan (MBZ). (Sumber: Muchlis JR/Biro Pers Sekretariat Presiden via Kompas.id)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Gading Persada

ABU DHABI, KOMPAS.TV - Nama Presiden RI Joko Widodo atau Jokowi diabadikan menjadi nama jalan dan masjid di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab (UEA). Jokowi pun mengucapkan terima kasih kepada Presiden UEA Syaikh Muhammad bin Zayed Al Nahyan (MBZ).

Jokowi mengunjungi UEA dalam rangka pertemuan bilateral dan membahas potensi investasi, salah satunya di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Jokowi disambut UEA dengan upacara kenegaraan di Istana Qasr Al Watan, Abu Dhabi, Rabu (17/7/2024).

Dalam kesempatan tersebut, Jokowi berterima kasih kepada MBZ atas pembangunan Masjid Raya Sheikh Zayed Surakarta. Eks Wali Kota Surakarta itu juga berterima kasih atas bantuan MB dalam pembangunan Rumah Sakit Kardiologi Emirates-Indonesia di Surakarta.

"Saya juga ingin mengucapkan terima kasih atas pembangunan masjid di Solo kota kelahiran saya, Masjid Sheikh Zayed dan juga RS Kardiologi di Kota kelahiran saya Solo dan juga penamaan jalan di Abu Dhabi dan Masjid Jokowi di Abu Dhabi," kata Jokowi dikutip Kompas.com.

Baca Juga: Jokowi ke Abu Dhabi, Ma'ruf Amin Pimpin Sementara Pemerintahan RI

Sementara itu, MBZ mengaku gembira dapat bertemu kembali dengan Jokowi dan menganggapnya seperti saudara. MBZ juga menegaskan, Jokowi dapat menganggap UEA sebagai negara kedua untuknya.

"Saya dengan hangat menyambut Anda di negara kedua Anda, Emirates. Saya berterima kasih atas kunjungan yang murah hati ini, yang merupakan puncak dari perjalanan panjang hubungan yang bermanfaat dan erat antara kita dan kerja sama dan tulus demi kepentingan UEA, Indonesia, dan rakyatnya," kata MBZ.

Selain dijadikan nama jalan dan masjid, Jokowi juga diberikan tanda jasa Order of Zayed. Tanda jasa ini adalah penghargaan sipil tertinggi dari UEA untuk tokoh-tokoh dunia.

Sebelum Jokowi, UEA memberikan tanda jasa Order of Zayed keapda berbagai tokoh, di antarnaya Presiden China Xi Jinping, Presiden Rusia Vladimir Putin, Perdana Menteri India Narendra Modi, dan Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto.

Jokowi didampingi berbagai pejabat teras Tanah Air saat mengunjungi UEA, di antaranya Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir, dan Duta Besar RI untuk UEA Husin Bagis.

Delegasi Jokowi juga melibatkan Direktur Jenderal Protokol dan Konsuler Kementerian Luar Negeri/Kepala Protokol Negara Andy Rachmianto, Sekretaris Militer Presiden Mayjen TNI Rudy Saladin, Komandan Paspampres Mayjen TNI Achiruddin, serta Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden M. Yusuf Permana.

Baca Juga: Sekjen Gerindra Sebut Prabowo dan Jokowi Kerap Bertemu Bahas Pilkada 2024


 




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x