Kompas TV internasional kompas dunia

Wali Kota Paris Renangi Sungai Seine Jelang Olimpiade Paris, Tunjukkan Tak Lagi Tercemar Parah

Kompas.tv - 17 Juli 2024, 22:30 WIB
wali-kota-paris-renangi-sungai-seine-jelang-olimpiade-paris-tunjukkan-tak-lagi-tercemar-parah
Wali Kota Paris Anne Hidalgo berenang di Sungai Seine jelang Olimpiade Paris, satu abad sejak publik dilarang berenang karena pencemaran berat bakteri dan bahan beracun. (Sumber: AP Photo)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Vyara Lestari

PARIS, KOMPAS TV - Walikota Paris Anne Hidalgo akhirnya menceburkan diri ke Sungai Seine, Rabu (17/7/2024). Ini dilakukan untuk menunjukkan bahwa sungai ini tidak lagi tercemar parah dan kini sudah cukup bersih untuk menjadi tempat kompetisi renang terbuka selama Olimpiade 2024, yang upacara pembukaannya hanya sembilan hari lagi.

Mengenakan wetsuit dan kacamata renang, Hidalgo terjun ke sungai dekat Balai Kota yang megah dan Katedral Notre Dame.

Kepala Olimpiade Paris 2024 Tony Estanguet serta pejabat tertinggi wilayah Paris, Marc Guillaume, juga ikut bergabung bersama perenang dari klub renang lokal.

"Sungai Seine sangat indah," kata Hidalgo dari dalam air.

Saat mentas, ia menambahkan, "Airnya sangat bagus. Sedikit dingin, tapi tidak terlalu buruk."

"Hari ini seperti sebuah mimpi, bukti bahwa kami telah bekerja keras," imbuhnya, merujuk pada 'rencana renang' di Sungai Seine yang diluncurkan sejak 2015. 

Mereka berenang sejauh sekitar 100 meter, bergantian antara gaya bebas dan gaya dada.

"Setelah dua puluh tahun berolahraga di sungai, saya kagum dengan usaha kita untuk membersihkannya," kata Estanguet, peraih tiga medali emas Olimpiade di cabang kano.

Ini adalah bagian dari upaya yang lebih luas untuk menunjukkan kebersihan sungai menjelang Olimpiade Musim Panas yang akan dimulai pada 26 Juli dengan upacara terbuka megah yang mencakup parade atlet di atas perahu di Sungai Seine.

Kekhawatiran tentang aliran dan tingkat polusi Seine terus berlanjut, mendorong tes kualitas air harian oleh kelompok pemantau Eau de Paris. Tes kualitas air harian pada awal Juni menunjukkan tingkat bakteri E. coli yang tidak aman, namun ada perbaikan baru-baru ini.

Berenang di Seine dilarang selama lebih dari satu abad. Sejak 2015, penyelenggara telah menginvestasikan $1,5 miliar atau setara Rp24,2 triliun untuk mempersiapkan Seine jadi ajang Olimpiade. Pun, memastikan warga Paris memiliki sungai yang lebih bersih setelah acara tersebut.

Baca Juga: Mengenal Tradisi Bersejarah Pawai Estafet Api Obor Olimpiade, Bawa Pesan Perdamaian

Warga Paris berenang di Sungai Seine jelang Olimpiade Paris, setelah satu abad dilarang akibat pencemaran berat bakteri dan bahan beracun. (Sumber: AP Photo)

Rencana ini termasuk membangun waduk air bawah tanah besar di pusat Paris, merenovasi infrastruktur saluran pembuangan, dan meningkatkan pabrik pengolahan air limbah.




Sumber : Associated Press




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x