Kompas TV internasional kompas dunia

Donald Trump Umumkan JD Vance sebagai Calon Wakil Presiden di Konvensi Partai Republik

Kompas.tv - 16 Juli 2024, 09:48 WIB
donald-trump-umumkan-jd-vance-sebagai-calon-wakil-presiden-di-konvensi-partai-republik
Gambar yang menunjukkan calon presiden dari Partai Republik mantan Presiden Donald Trump, kiri, 9 Maret 2024 dan calon wakil presiden dari Partai Republik Senator JD Vance, R-Ohio, kanan, 5 Agustus 2022. Trump mengatakan Vance akan menjadi wakil presiden pilihannya.(Sumber: AP Photo, File)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Gading Persada

WISCONSIN, KOMPAS.TV - Mantan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump mengumumkan pilihannya untuk calon wakil presiden dalam pemilihan umum 2024 pada Senin (15/7/2024) waktu setempat.

Melalui platform media sosialnya, Truth Social, Trump menyatakan bahwa Senator JD Vance dari Ohio akan mendampinginya dalam pencalonan sebagai presiden.

Pengumuman ini disampaikan pada hari pertama Konvensi Nasional Partai Republik di Milwaukee, Wisconsin, di mana partai tersebut secara resmi menominasikan Trump sebagai calon presiden untuk pemilihan nasional November mendatang.

Hingga saat ini, Senator Vance belum memberikan komentar resmi terkait pengumuman tersebut, namun dia dijadwalkan akan menyampaikan pidato dalam konvensi pada Senin malam waktu setempat.

"Setelah pertimbangan dan pemikiran yang matang, serta mempertimbangkan berbagai talenta luar biasa lainnya, saya memutuskan bahwa individu yang paling cocok untuk posisi Wakil Presiden Amerika Serikat adalah Senator J.D. Vance dari Negara Bagian Ohio," tulis Trump dalam pengumumannya.

Baca Juga: Bisnis Dadakan: Kaus Bergambar Trump Terluka Laris Manis Usai Insiden Penembakan

Seperti diketahui, konvensi berlangsung di tengah bayang-bayang insiden penembakan yang terjadi dua hari sebelumnya pada rapat umum di Pennsylvania.

Dalam insiden tersebut, Trump terluka dan satu orang dilaporkan meninggal dunia. Meskipun demikian, suasana di arena konvensi tetap meriah dan penuh semangat.

Dilaporkan oleh Associated Press, beberapa delegasi terdengar meneriakkan slogan "berjuang, melawan, melawan" - kata-kata yang sama yang dilaporkan diteriakkan Trump kepada kerumunan saat Secret Service mengawalnya turun dari panggung pascainsiden, dengan wajah berlumuran darah dan tinju terangkat.

Proses pencalonan resmi Trump menunjukkan kuatnya dukungan untuk mantan presiden di kalangan aktivis Partai Republik.

Ketika jumlah delegasi yang diperlukan terpenuhi, layar video di arena menampilkan tulisan "OVER THE TOP" diiringi lagu "Celebration". Para delegasi merayakan dengan menari dan melambaikan poster dukungan untuk Trump.

Baca Juga: Trump Merasa Harusnya Sudah Mati dalam Upaya Penembakan: Saya Beruntung atau Ditolong Tuhan


 




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



Kunjungan Paus ke Indonesia

FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x