Kompas TV internasional kompas dunia

Sejarah Percobaan Pembunuhan Presiden AS: Dari Abraham Lincoln hingga Donald Trump

Kompas.tv - 15 Juli 2024, 15:10 WIB
sejarah-percobaan-pembunuhan-presiden-as-dari-abraham-lincoln-hingga-donald-trump
Presiden Ford merunduk di belakang limusinnya dan bergegas masuk ke dalam kendaraan setelah terjadi tembakan saat dia meninggalkan Hotel St. Francis di San Francisco, 22 September 1975. Presiden dilarikan ke bandara untuk kembali ke Washington. (Sumber: AP Photo)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Sejarah kepemimpinan di  Amerika Serikat diwarnai oleh serangkaian percobaan pembunuhan terhadap presiden dan kandidat presiden yang mengejutkan dunia.

Teranyar calon Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump dievakuasi oleh pengawalnya setelah terdengar suara tembakan saat kampanye berlangsung.

Insiden ini terjadi di Butler, Pennsylvania, pada Sabtu (13/6/2024) ketika Trump sedang memberikan pidato kampanye menjelang pemilihan presiden AS. Saat itu, Trump sedang menunjukkan grafik lintas batas ketika suara tembakan terdengar di tengah kerumunan.

Trump terlihat menyentuh lehernya dengan tangan kanan, dan ada darah di wajahnya. Ia segera berlindung di bagian bawah tangga sementara agen Secret Service bergegas menuju panggung.

Staf kampanye Trump mengonfirmasi bahwa mantan presiden AS tersebut dalam kondisi baik setelah dievakuasi dari podium.

Insiden terhadap Trump bukan yang pertama. Dari era Presiden Abraham Lincoln, John F Kennedy, Ronald Reagen, hingga George W. Bush, berbagai insiden kekerasan politik telah membentuk lanskap politik negara adidaya ini. Berikut daftar percobaan pembunuhan di AS sebagaimana dikutip dari AP News.

Baca Juga: Penembak Donald Trump saat Kampanye Tewas, Saksi Ungkap Pelaku Lancarkan Aksi dari Atap

Pembunuhan Presiden Pertama di AS

Abraham Lincoln menjadi presiden pertama AS yang dibunuh pada 14 April 1865. John Wilkes Booth menembaknya saat menghadiri pertunjukan teater di Washington.

Lincoln meninggal keesokan harinya, dengan dukungannya terhadap hak-hak kulit hitam disebut-sebut sebagai motif pembunuhan.

Peristiwa ini terjadi hanya dua tahun setelah Lincoln mengeluarkan Proklamasi Emansipasi yang membebaskan budak di wilayah Konfederasi.

Presiden Berikutnya yang Menjadi Korban

James Garfield menjadi presiden kedua yang tewas akibat pembunuhan pada 2 Juli 1881, hanya enam bulan setelah menjabat. Charles Guiteau menembaknya di stasiun kereta api Washington.




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x