Kompas TV internasional kompas dunia

Tersangka Pelaku Upaya Pembunuhan Donald Trump Ternyata Siswa Berprestasi di SMA

Kompas.tv - 14 Juli 2024, 23:30 WIB
tersangka-pelaku-upaya-pembunuhan-donald-trump-ternyata-siswa-berprestasi-di-sma
Calon presiden dari Partai Republik, mantan Presiden Donald Trump, saat dievakuasi dari panggung kampanye, Sabtu, 13 Juli 2024, di Butler. (Sumber: AP Photo)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Vyara Lestari

WASHINGTON, KOMPAS TV - Seorang pria berusia 20 tahun dari pinggiran Pittsburgh diidentifikasi sebagai pelaku penembakan dalam upaya pembunuhan mantan Presiden Donald Trump. Penembakan tersebut terjadi dekat lokasi kampanye yang menyebabkan seorang peserta tewas.

Penyelidik terus mengumpulkan informasi tentang Thomas Matthew Crooks dari Bethel Park, Pennsylvania, yang menurut mereka menembak dari atap di luar tempat kampanye di Butler. Seorang pejabat FBI menyebut motif penembakan belum diketahui, Sabtu malam (13/7/2024) waktu setempat.

Trump, calon presiden dari Partai Republik, mengatakan di media sosial bahwa bagian atas telinga kanannya terluka dalam penembakan tersebut. Dua penonton lainnya mengalami luka parah, kata pihak berwenang.

Keluarga Crooks belum menanggapi pesan dari Associated Press. Ayahnya, Matthew Crooks, mengatakan kepada CNN hari Sabtu malam bahwa dia mencoba mencari tahu "apa yang sebenarnya terjadi" tetapi tidak mau berbicara tentang putranya sampai berbicara dengan penegak hukum.

Pada Minggu, blokade dipasang untuk mencegah lalu lintas mendekati rumah Crooks, yang berada di kawasan rumah bata sederhana di perbukitan di luar Pittsburgh yang berpenduduk pekerja. Mobil-mobil polisi ditempatkan di persimpangan dekat rumah tersebut dan petugas terlihat berjalan-jalan di lingkungan itu.

Crooks lulus dari Bethel Park High School pada tahun 2022, menurut pernyataan distrik sekolah kepada KDKA-TV. Distrik sekolah mengatakan akan bekerja sama sepenuhnya dengan penyelidik. Pada tahun 2022, Crooks menerima penghargaan untuk matematika dan sains, menurut cerita Tribune-Review pada waktu itu.

Afiliasi politik Crooks belum jelas. Catatan menunjukkan Crooks terdaftar sebagai pemilih Partai Republik di Pennsylvania, tetapi laporan keuangan kampanye federal juga menunjukkan dia menyumbang $15 kepada komite aksi politik progresif pada 20 Januari 2021, hari ketika Presiden Joe Biden dilantik.

Catatan pengadilan Pennsylvania menunjukkan tidak ada kasus kriminal terhadap Crooks sebelumnya.

Baca Juga: Profil Thomas Matthew Crooks, Pelaku Penembakan Donald Trump di Pennsylvania, Baru Lulus SMA 2022

Pemandangan di dalam tenda pada rapat umum kampanye calon presiden dari Partai Republik, mantan Presiden Donald Trump, memperlihatkan pemandangan di monitor video dan teleprompter pidato yang langsung ditinggalkan setelah Trump menjadi sasaran percobaan pembunuhan pada hari Sabtu, 13 Juli 2024 (Sumber: AP Photo)

FBI mengungkap identitasnya pada Minggu pagi, beberapa jam setelah penembakan. Pihak berwenang mengatakan kepada wartawan bahwa Crooks tidak membawa identifikasi sehingga mereka menggunakan DNA dan metode lain untuk memastikan identitasnya.

Penegak hukum menemukan senapan bergaya AR di lokasi kejadian, menurut seseorang yang mengetahui masalah tersebut dan berbicara dengan syarat anonim untuk membahas penyelidikan yang sedang berlangsung.

Analisis AP dari lebih dari selusin video dan foto dari lokasi kampanye Trump, serta citra satelit dari lokasi tersebut, menunjukkan bahwa penembak dapat mendekati panggung tempat mantan presiden berbicara.

Video yang diunggah di media sosial dan diidentifikasi oleh AP menunjukkan tubuh seseorang yang mengenakan kamuflase abu-abu terbaring tak bergerak di atap sebuah gedung di AGR International Inc., sebuah pabrik di sebelah utara tempat pertunjukan Butler Farm di mana kampanye Trump diadakan.

Atap tempat orang tersebut terbaring kurang dari 150 meter dari tempat Trump berbicara, jarak yang dapat dijangkau oleh penembak jitu yang mahir. Sebagai referensi, 150 meter adalah jarak di mana rekrutan tentara AS harus mengenai siluet ukuran manusia untuk memenuhi syarat menggunakan senapan M-16.

Penyelidik percaya senjata itu dibeli oleh ayahnya setidaknya enam bulan yang lalu, menurut dua pejabat penegak hukum yang berbicara kepada Associated Press.

Para pejabat mengatakan agen federal masih bekerja untuk memahami kapan dan bagaimana Thomas Crooks memperoleh senjata tersebut. Para pejabat tidak berwenang untuk membahas rincian penyelidikan secara publik dan berbicara kepada AP dengan syarat anonim.


 

 




Sumber : Associated Press




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x