Kompas TV internasional kompas dunia

Profil Thomas Matthew Crooks, Pelaku Penembakan Donald Trump di Pennsylvania, Baru Lulus SMA 2022

Kompas.tv - 14 Juli 2024, 19:22 WIB
profil-thomas-matthew-crooks-pelaku-penembakan-donald-trump-di-pennsylvania-baru-lulus-sma-2022
Petugas Secret Service AS melindungi capres Donald Trump ketika terjadi peristiwa penembakan dalam acara kampanye Trump di Butler, Pennsylvania, Sabtu (13/7/2024). (Sumber: Evan Vucci/Associated Press)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Vyara Lestari

BUTLER, KOMPAS.TV - Pihak berwenang telah mengidentifikasi pelaku percobaan pembunuhan Donald Trump di Butler, Pennsylvania, Amerika Serikat (AS), Sabtu (13/7/2024). Pelaku diketahui bernama Thomas Matthew Crooks, pria berusia 20 tahun yang tinggal dekat lokasi kejadian.

Matthew Crooks tinggal di Bethel Park, sekitar satu jam perjalanan mobil dari lokasi kampanye Trump. Crooks ditembak mati petugas sesaat usai menembak ke arah Donald Trump.

Crooks menembak Trump dengan cara naik ke atap bangunan di luar area pengamanan kampanye. Jarak antara Crooks dengan podium tempat Trump berdiri dilaporkan hanya sekitar 120-150 meter.

Baca Juga: Kata-Kata Pertama Donald Trump usai Lolos dari Maut, Berbelasungkawa ke Keluarga Korban Salah Tembak

Pihak berwenang telah menggeledah kediama Matthew Crooks pada Sabtu (13/7) malam waktu setempat. Ayah Matthew Crooks mengaku kaget setelah anaknya diidentifikasi sebagai penembak Donald Trump.

CNN melaporkan, ayah Matthew Crooks masih berusaha mencerna apa yang terjadi dan menunggu "hingga saya berbicara kepada pihak berwenang" sebelum memberikan pernyataan pulik mengenai anaknya.

Profil Thomas Matthew Crooks

Thomas Matthew Crooks tidak membawa kartu identitas saat melancarkan aksinya. Biro Investigasi Federal AS (FBI) pun mesti mengambil sampel DNA untuk mengidentifikasi pelaku.

Pihak berwenang belum bisa menyimpulkan motif Matthew Crooks melakukan percobaan pembunuhan terhadap Donald Trump.

Crooks diketahui terdaftar sebagai pendukung Partai Republik dalam data pemilih di negara bagian Pennsylvania. Namun, Crooks juga diketahui pernah menyumbang dana kampanye ke sebuah komite yang terafiliasi Partai Demokrat pada 2021 silam.

Pilpres AS 2024 sedianya menjadi ajang pemilihan pertama yang bisa diikuti Matthew Crooks. Pria ini baru lulus SMA pada 2022 silam, sebelumnya bersekolah di SMA Bethel Park.

Aksi penembakan Matthew Crooks menewaskan seorang pendukung Trump yang berada di dekat podium. Peluru tembakannya juga membuat dua orang lain luka parah.

Donald Trump sendiri dilaporkan mengalami luka robek di daun telinga, tetapi dalam kondisi sehat. 

Insiden percobaan pembunuhan terhadap Trump dikecam berbagai pihak. Presiden AS Joe Biden mengutuk penembakan Trump dan mengaku lega rivalnya itu selamat.

"Tidak ada tempat untuk aksi kekerasan seperti ini di Amerika. Ini sakit, sakit," kata Biden dikutip Associated Press.

Baca Juga: Trump Bermalam di Klub Golf usai Percobaan Pembunuhan, Langsung Kampanye Lagi Besok Senin


 




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x