Kompas TV internasional kompas dunia

Trump Bermalam di Klub Golf usai Percobaan Pembunuhan, Langsung Kampanye Lagi Besok Senin

Kompas.tv - 14 Juli 2024, 16:44 WIB
trump-bermalam-di-klub-golf-usai-percobaan-pembunuhan-langsung-kampanye-lagi-besok-senin
Calon presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump dikawal petugas Secret Service usai lolos dari percobaan pembunuhan di Butler, Pennsylvania, AS, Sabtu (13/7/2024). (Sumber: Gene J. Puskar/Associated Press)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Vyara Lestari

WASHNGTON, KOMPAS.TV - Calon presiden Amerika Serikat (AS) dari Partai Republik, Donald Trump dilaporkan dalam kondisi sehat dan telah dipulangkan dari rumah sakit di Pennsylvania. Trump dilaporkan langsung terbang ke New Jersey dan tiba di Bandara Internasional Newark Liberty pada Minggu (14/7/2024) tengah malam waktu setempat.

Trump mengalami percobaan pembunuhan saat berkampanye di Butler, Pennsylvania pada Sabtu (13/7) sore waktu setempat. Peluru penembak menyerempet telinga Trump dalam insiden tersebut.

Insiden penembakan ini menewaskan seorang pendukung Trump dan membuat dua penonton kampanye lain mengalami luka parah. Pelaku bernama Thomas Matthew Crooks ditembak mati aparat keamanan di lokasi kejadian.

Baca Juga: Pelaku Percobaan Pembunuhan Donald Trump Ternyata Pemilih Partai Republik, Apa Motifnya?

Donald Trump mengaku sisi daun telinganya terkena tembakan. Rival Joe Biden di Pilpres AS 2024 ini pun segera dibawa ke rumah sakit usai insiden percobaan pembunuhan. 

Usai dipulangkan dari rumah sakit, Trump segera bertolak ke New Jersey. Mantan Presiden AS itu dilaporkan akan bermalam di klub golf pribadinya di Bedminster, New Jersey.

Insiden percobaan pembunuhan terhadap Trump dikecam berbagai pihak. Presiden AS Joe Biden mengutuk penembakan Trump dan mengaku lega rivalnya itu selamat.

"Tidak ada tempat untuk aksi kekerasan seperti ini di Amerika. Ini sakit, sakit," kata Biden dikutip Associated Press.

Biden pun dilaporkan telah menelepon Trump terkait insiden penembekana tersebut. Namun, isi pembicaraan keduanya tidak diungkap ke publik.

Kendati baru saja lolos dari maut, Donald Trump dilaporkan akan melanjutkan kampanye jelang Pilpres AS pada November 2024 mendatang. Pada Senin (15/7) besok, Trump dijadwalkan berkampanye di Milwaukee.

"Presiden Trump tidak sabar menemui kalian semua di Milwaukee dalam pertemuan kami untuk menominasikan beliau sebagai Presiden Amerika Serikat ke-47," demikian pernyataan Komite Nasional Republikan.

Baca Juga: Respons Biden Usai Tembakan di Kampanye Trump: Saya Senang Ia Selamat


 




Sumber : Associated Press




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x