Kompas TV internasional kompas dunia

Pelaku Percobaan Pembunuhan Donald Trump Ternyata Pemilih Partai Republik, Apa Motifnya?

Kompas.tv - 14 Juli 2024, 15:42 WIB
pelaku-percobaan-pembunuhan-donald-trump-ternyata-pemilih-partai-republik-apa-motifnya
Calon presiden Amerika Serikat (AS) dari Partai Republik, Donald Trump mengepalkan tangan ke udara usai menjadi korban percobaan pembunuhan dalam acara kamapnye di Butler, Pennsylvania, Sabtu (13/7/2024). (Sumber: Evan Vucci/Associated Press)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Vyara Lestari

BUTLER, KOMPAS.TV - Pihak berwenang telah merilis identitas terduga pelaku percobaan pembunuhan capres Amerika Serikat (AS) Donald Trump di Butler, Pennsylvania, Sabtu (14/7/2024). Terduga pelaku adalah seorang pemuda 20 tahun asal Bethel Park, Pennsylvania bernama Thomas Matthew Crooks.

Daerah tempat tinggal Crooks hanya berjarak sekitar satu jam perjalanan mobil dari lokasi kampanye Donald Trump.

Crooks diketahui menembak ke arah Trump beberapa kali saat rival Joe Biden itu sedang berkampanye di podium. Peluru senapan yang ditembakkan Crooks sempat menyerempat telinga Donald Trump.

Baca Juga: Trump Mengaku Tertembak, Ternyata Polisi Sudah Diperingatkan Ada Pria Bersenjata

Thomas Matthew Crooks ditembak mati aparat Secret Service AS di lokasi kejadian. Penembakan ini juga menewaskan seorang penonton kampanye dan melukai dua orang lain.

Siapa penembak Donald Trump?

Pada Minggu (14/7) dini hari waktu setempat, Biro Investigasi Federal AS (FBI) merilis identitas penembak Donald Trump. Namun, FBI belum bisa menyampaikan motif di balik penembakan tersebut.

"Kami saat ini belum bisa mengidentifikasi motifnya," kata agen lapangan FBI di Pittsburgh, Kevin Rojek dikutip Associated Press.

Thomas Matthew Crooks tercatat sebagai seorang pemilih Partai Republik. Namun, haluan politik penembak Donald Trump tersebut belum bisa diketahui.

Pada 2021 silam, kendati memilih Partai Republik, Crooks dilaporkan menyumbang 15 dolar AS untuk dana kampanye sebuah "komite aksi politik progresif."

Pihak berwenang tengah menyelidiki bagaimana Crooks bisa mengambil posisi untuk menembak Trump menggunakan senapan dari jarak dekat. Crooks dilaporkan menembak dari jarak sekitar 120-150 meter dari Trump.

Baca Juga: Tembakan di Kampanye Trump, Ini Kondisi Rival Biden Itu Sekarang


 




Sumber : Associated Press




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x