Kompas TV internasional kompas dunia

Putra Orang Terkaya Asia Gelar Pernikahan Termewah Tahun Ini, Bikin Crazy Rich Asia Timur Panas

Kompas.tv - 14 Juli 2024, 09:44 WIB
putra-orang-terkaya-asia-gelar-pernikahan-termewah-tahun-ini-bikin-crazy-rich-asia-timur-panas
Putra bungsu Mukesh Ambani, orang terkaya di Asia, menikahi kekasih lamanya hari Sabtu, 13 Juli 2024, disebut-sebut sebagai pernikahan terbesar tahun ini, dihadiri oleh selebriti dunia, pengusaha, dan politisi, menyoroti kekayaan luar biasa dan pengaruh keluarga Ambani. (Sumber: AP Photo / Reliance Industries)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Gading Persada

MUMBAI, KOMPAS TV - Putra bungsu Mukesh Ambani, orang terkaya di Asia, menikahi kekasih lamanya pada Sabtu (13/7/2024), disebut-sebut sebagai pernikahan terbesar tahun ini. Pernikahan itu dihadiri oleh selebriti dunia, pengusaha, dan politisi, menyoroti kekayaan luar biasa dan pengaruh keluarga Ambani.

Upacara pernikahan, termasuk pertukaran karangan bunga dan berjalan mengelilingi api suci, dimulai hari Jumat dan selesai lewat tengah malam.

Perayaan pernikahan Anant Ambani dan Radhika Merchant berlangsung di Jio World Convention Centre milik keluarga Ambani di Mumbai dan di rumah keluarga. Pernikahan ini merupakan puncak dari rangkaian acara pernikahan yang menampilkan pertunjukan dari bintang pop seperti Rihanna dan Justin Bieber.

Perdana Menteri (PM) India Narendra Modi menghadiri resepsi yang diadakan oleh keluarga Ambani pada Sabtu malam.

Keluarga Ambani mengadakan upacara pemberkatan untuk teman dan keluarga agar mereka bisa bertemu dengan pasangan pengantin dan mendoakan kebahagiaan mereka.

Saluran berita televisi India Today melaporkan pasangan pengantin baru itu menyentuh kaki Modi sebagai tanda hormat dan meminta restunya.

Perayaan pernikahan selama empat hari sudah dimulai sejak Jumat (12/7) lalu dengan upacara pernikahan tradisional Hindu dan akan dilanjutkan dengan resepsi besar hingga akhir pekan ini.

Media lokal menyebutkan, daftar tamu yang hadri termasuk mantan PM Inggris Tony Blair dan Boris Johnson; John Kerry, mantan utusan khusus AS untuk iklim, CEO Saudi Aramco Amin H. Nasser; serta seniman Barat seperti Adele, Lana Del Rey, Drake, dan mantan pemain Manchester United David Beckham. Meski keluarga Ambani tidak mengonfirmasi daftar tamu tersebut.

Saluran berita televisi menunjukkan kedatangan selebriti seperti Kim Kardashian yang mengenakan pakaian merah, dan pegulat profesional serta aktor Hollywood yang juga mantan pegulat profesional John Cena.

Baca Juga: Manggung di Pesta Prewed Anak Miliarder India, Justin Bieber Dibayar Rp162 M!

Aktor gaek India Amitabh Bachchan, tengah, Navya Nanda, kanan, dan Nikhil Nanda berpose untuk foto selama upacara pemberkatan pasangan pengantin baru Anant Ambani, putra miliarder Mukesh Ambani, dan istrinya Radhika Merchant di Jio World Convention Center di Mumbai, India, Sabtu, 13 Juli 2024. (Sumber: AP Photo)

Bahkan saudara-saudara Kardashian, Kim dan Khloé, menaiki bajaj di jalanan Mumbai yang ramai sebelum mengikuti upacara pernikahan, menurut kantor berita Press Trust of India.

Tamu internasional mengenakan pakaian tradisional dari desainer fashion India ternama. Mereka mengenakan sherwani bersulam, atau mantel panjang berlengan panjang yang dikenakan oleh pria di Asia Selatan. John Cena mengenakan sherwani biru langit dan celana putih. Nick Jonas mengenakan sherwani merah muda dan celana putih.

Ikon Bollywood Amitabh Bachchan, Shah Rukh Khan, Salman Khan, dan Ranbir Kapoor menghadiri pernikahan tersebut dan menari mengikuti lagu-lagu populer film Hindi. Pemain kriket India, termasuk ikon Sachin Tendulkar, Mahendra Singh Dhoni, Jasprit Bumrah, Hardik Pandya, dan Suryakumar Yadav, juga hadir.

Adapun polisi memberlakukan pengalihan lalu lintas di sekitar tempat pernikahan dari Jumat hingga Senin untuk menangani lonjakan tamu yang terbang ke Mumbai, di mana hujan musiman yang lebat menyebabkan banjir dan gangguan penerbangan selama seminggu terakhir.

Dampak pernikahan

Kemewahan dan pameran kekayaan yang menyertai pernikahan ini, menurut laporan Associated Press, memunculkan pertanyaan tentang ketimpangan yang semakin meningkat di India, di mana kesenjangan antara si kaya dan si miskin semakin besar.




Sumber : Associated Press




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x