Kompas TV internasional kompas dunia

Gedung Putih Bantah Isu Kesehatan Mental Biden: Dia Tidak Sakit Parkinson

Kompas.tv - 9 Juli 2024, 11:22 WIB
gedung-putih-bantah-isu-kesehatan-mental-biden-dia-tidak-sakit-parkinson
Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden berpidato selama rapat umum kampanye, Jumat, 28 Juni 2024, di Raleigh, Carolina Utara. Biden hari Jumat, 28/6/2024, mumet dan bekerja keras meredakan kekhawatiran Demokrat atas penampilannya yang payah saat debat melawan mantan Presiden Donald Trump. (Sumber: AP Photo)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Vyara Lestari

WASHINGTON, KOMPAS.TV - Gedung Putih membantah isu terkait kesehatan Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden yang disebut mengalami sakit Parkinson. 

Pertanyaan mengenai kesehatan Biden yang telah berusia 81 tahun semakin mengemuka setelah penampilan debat yang kurang memuaskan melawan Donald Trump pada 27 Juni lalu.

Dalam konferensi pers pada Senin (8/7/2024), sekretaris pers Gedung Putih Karine Jean-Pierre dengan tegas membantah spekulasi bahwa Biden mengalami masalah kesehatan.

Jean-Pierre menegaskan bahwa Biden menjalani pemeriksaan fisik tahunan yang ekstensif. Ia menambahkan bahwa Biden telah menemui ahli saraf sebanyak tiga kali, semua terkait dengan pemeriksaan fisik tahunan. 

Jean-Pierre menyebut bahwa tidak ditemukan tanda-tanda stroke, multiple sclerosis, Parkinson, atau ALS dalam pemeriksaan terakhir pada Februari.

"Apakah Presiden dirawat karena Parkinson? Tidak. Apakah dia sedang dirawat untuk Parkinson? Tidak," tegas Jean-Pierre dilansir dari BBC.

Meski begitu, sorotan terkait kesehatan dari Biden belum juga surut setelah Dokter Kevin Cannard, seorang ahli saraf yang dikenal karena penelitiannya tentang Parkinson, tercatat delapan kali mengunjungi Gedung Putih antara Juli 2023 dan Maret lalu. 

Terkait hal itu, Jean-Pierre menolak mengonfirmasi alasan kunjungan tersebut. Namun dirinya menyatakan bahwa unit medis Gedung Putih melayani banyak orang, termasuk ribuan personel militer yang bekerja di Gedung Putih.

Namun, pada Senin malam, Dr. Kevin O'Connor, dokter pribadi Biden, mengeluarkan surat yang mengonfirmasi bahwa Cannard adalah ahli saraf yang mengevaluasi presiden dalam pemeriksaan fisiknya sejak menjabat. 

Baca Juga: Biden Ingin Tidur Lebih Banyak, Bakal Kurangi Hadir di Acara Malam Hari

Menurut Associated Press, sebagian besar kunjungan Cannard ke Gedung Putih terkait tugasnya sebagai spesialis di Unit Medis Gedung Putih yang telah berlangsung selama lebih dari satu dekade, termasuk selama pemerintahan Obama dan Trump.




Sumber : Associated Press/BBC




BERITA LAINNYA



Kunjungan Paus ke Indonesia

FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x