Kompas TV internasional kompas dunia

Kapasitasnya sebagai Capres Diragukan, Biden Pantang Mundur: Tidak Ada yang Bisa Memaksa Saya

Kompas.tv - 4 Juli 2024, 10:18 WIB
kapasitasnya-sebagai-capres-diragukan-biden-pantang-mundur-tidak-ada-yang-bisa-memaksa-saya
Presiden Amerika Serikat Joe Biden berpidato selama kampanye di Raleigh, Carolina Utara, Jumat, 28 Juni 2024. (Sumber: AP Photo)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Edy A. Putra

WASHINGTON, KOMPAS.TV - Calon presiden (capres) petahana Amerika Serikat (AS), Joe Biden, menegaskan tidak akan mundur dari pemilihan presiden (pilpres) kendati ditekan berbagai pihak.

Biden menghadapi tekanan untuk mundur, termasuk dari kalangan internal Partai Demokrat, karena kapasitas mental dan fisiknya diragukan.

Dia disorot usai tampil kacau dalam debat capres pada pekan lalu di mana dia menghadapi Donald Trump. Dalam debat tersebut, Biden terlihat kesulitan menyampaikan pendapat dan bicara tidak jeals.

"Saya akan menyatakan ini sejelas mungkin, sesederhana dan seterus terang mungkin: Saya akan maju, tidak ada yang bisa memaksa saya keluar," kata Biden, Rabu (3/7/2024), dikutip Al Jazeera.

Baca Juga: Elektabilitas Biden Anjlok usai Debat Capres, 30 Persen Pemilih Loyal Demokrat Inginkan Calon Lain

Dia pun berjanji Demokrat tetap akan menang pemilu. Sebelumnya, sejumlah kalangan di internal Demokrat menyampaikan kekhawatiran bahwa partai itu akan kalah dari Republikan jika Biden tetap maju.

Tim Biden sendiri membantah spekulasi berbagai pihak bahwa sang presiden mengidap demensia atau terganggu secara kognitif.

Mereka mengakui sang presiden tampil buruk dalam debat, tetapi menyebut hal itu terjadi karena Biden sedang meriang.

Biden mengaku dalam kondisi kelelahan saat menjalani debat dengan Trump. Pria 81 tahun itu berdalih, kunjungannya ke Prancis dan Italia beberapa hari sebelum debat, memengaruhi penampilannya.

Sebelumnya, anggota DPR AS asal Texas, Lloyd Doggett, menjadi kader Demokrat pertama yang menyerukan supaya Biden mundur menyusul penampilan kacaunya di debat capres.

Setelah Doggett, giliran anggota DPR asal Arizona, Raul Grijalva, yang meminta Biden mundur. Grijalva mengaku khawatir Biden akan kalah dari Trump jika tetap maju.

Sejumlah kader Demokrat yang terpilih di pemilu pun mempertanyakan kondisi Biden jelang Pilpres AS yang akan digelar pada November 2024.

"Kenyataan yang disayangkan adalah status quo berkemungkinan akan memenangkan Presiden Trump. Saat strategi Anda saat ini tidak berhasil, keputusan untuk mempertahankannya mungkin tidak tepat," kata Seth Moulton, kader Demokrat dari Massachusetts.

Baca Juga: Biden Hadapi Tekanan Internal agar Mundur dari Pipres AS Buntut Penampilan Kacau Saat Debat Capres


 



Sumber : Kompas TV, Al Jazeera



BERITA LAINNYA



Close Ads x