Kompas TV internasional kompas dunia

Tujuh Negara Perintahkan Warganya Tinggalkan Lebanon, Perang Makin Dekat antara Hizbullah dan Israel

Kompas.tv - 30 Juni 2024, 07:25 WIB
tujuh-negara-perintahkan-warganya-tinggalkan-lebanon-perang-makin-dekat-antara-hizbullah-dan-israel
Posisi militer Israel yang dihantam rudal Hizbullah, Jumat, 20 Oktober 2023. Tujuh negara memerintahkan warganya segera meninggalkan Lebanon akibat ketegangan antara Hizbullah dan Israel terus meningkat, dan perang dipantau makin dekat. (Sumber: AP Photo)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Vyara Lestari

BEIRUT, KOMPAS.TV - Tujuh negara memerintahkan warganya segera meninggalkan Lebanon akibat ketegangan antara kelompok Hizbullah di Lebanon dan Israel terus meningkat, dan perang dipantau makin dekat. Lima negara lainnya juga memberikan peringatan agar tidak melakukan perjalanan ke Lebanon saat ini.

Pada Sabtu (29/6/2024), Kedutaan Besar Arab Saudi di Beirut meminta warganya yang berada di Lebanon untuk segera meninggalkan wilayah Lebanon. Riyadh juga menekankan perlunya “tetap berhubungan dengan kedutaan jika terjadi keadaan darurat.”

Australia pada Jumat (28/6/2024) “sangat menyarankan” warganya untuk tidak bepergian ke Lebanon, mengingat situasi keamanan yang sangat tidak stabil. Menteri Luar Negeri Penny Wong mendesak warga Australia di Lebanon untuk segera pergi selagi penerbangan komersial masih tersedia.

Kementerian Luar Negeri Belanda di X juga meminta warganya tidak pergi ke Lebanon dan bagi mereka yang tinggal di sana untuk meninggalkan negara tersebut selagi penerbangan komersial masih beroperasi.

Kementerian Luar Negeri Jerman juga mengeluarkan peringatan perjalanan dan meminta warganya di Lebanon untuk meninggalkan negara tersebut, menekankan “situasi di perbatasan antara Israel dan Lebanon sangat tegang.”

Pemerintah Kanada juga mendesak warganya di Lebanon untuk meninggalkan negara itu. "Keselamatan dan keamanan warga Kanada, baik di dalam maupun di luar negeri, adalah prioritas utama Kanada," kata Menteri Luar Negeri Melanie Joly dalam sebuah pernyataan pada Selasa.

Makedonia Utara juga meminta warganya untuk segera meninggalkan Lebanon karena situasi keamanan di sana semakin memburuk.

Baca Juga: Israel Tuduh Hizbullah Terus Menyerang, Ini Fakta 7.400 Serangan Lintas Batas antar Keduanya

Pejuang dari kelompok militan Lebanon Hizbullah latihan di Desa Aaramta Minggu, 21 Mei 2023. Tujuh negara memerintahkan warganya segera meninggalkan Lebanon akibat ketegangan antara Hizbullah dan Israel terus meningkat, dan perang dipantau makin dekat. (Sumber: AP Photo)

Peringatan ini datang setelah Kuwait pada 22 Juni lalu mendesak warganya untuk menghindari perjalanan ke Lebanon dan bagi mereka yang berada di dalam negara tersebut untuk segera meninggalkan “mengingat situasi keamanan yang terjadi di wilayah tersebut."

Sementara itu, beberapa negara lainnya menerbitkan peringatan untuk tidak bepergian ke Lebanon.

Pada tanggal 5 Juni, Kedutaan Besar Amerika Serikat (AS) di Beirut menasihati warga AS di Lebanon untuk menghindari perjalanan ke daerah-daerah di sepanjang perbatasan dengan Israel dan Suriah.



Sumber : Anadolu



BERITA LAINNYA



Close Ads x