Kompas TV internasional kompas dunia

China Pecat Dua Mantan Menteri Pertahanan dari Partai Komunis atas Dugaan Korupsi

Kompas.tv - 27 Juni 2024, 22:16 WIB
china-pecat-dua-mantan-menteri-pertahanan-dari-partai-komunis-atas-dugaan-korupsi
Menteri Pertahanan China Jenderal Wei Fenghe di Singapura, Jumat (10/6/2022). China memecat dua mantan menteri pertahanan dari Partai Komunis yang berkuasa karena diduga melakukan korupsi, Kamis (27/6/2024). (Sumber: AP Photo/Andy Wong, File)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Edy A. Putra

BEIJING, KOMPAS.TV - Pemerintah China memecat dua mantan menteri pertahanan dari Partai Komunis yang berkuasa karena diduga melakukan korupsi, Kamis (27/6/2024), seperti dilaporkan media pemerintah.

Li Shangfu dan Wei Fenghe dikeluarkan dari partai berdasarkan keputusan yang diambil oleh Biro Politik Partai Komunis China (CPC) yang mengadakan pertemuan pada Kamis pagi di bawah pimpinan Presiden Xi Jinping.

Keduanya diduga menerima suap dan melakukan korupsi. Beijing menyatakan mereka dipecat karena “pelanggaran serius terhadap disiplin partai dan hukum.”

Biro Politik CPC memutuskan untuk menyerahkan kasus mereka kepada lembaga kejaksaan militer untuk diperiksa dan dituntut.

Wei, yang mundur sebagai menteri pertahanan pada akhir 2022, dituduh "membantu orang lain mendapatkan keuntungan yang tidak pantas dalam pengaturan personel."

Selain itu, dia diduga menerima "uang dan hadiah yang melanggar aturan yang berlaku."

Sementara Li, yang dipilih oleh Xi sebagai menteri pertahanan menggantikan Wei, juga menghadapi tuduhan serupa.

Baca Juga: Teka-teki Pencopotan Menhan China Li Shangfu dan Eks Menlu Qin Gang

Menteri Pertahanan China Jenderal Li Shangfu, Minggu (4/6/2023).(Sumber: AP Photo)

Menurut laporan media pemerintah China, Li "mencari keuntungan yang tidak pantas dalam pengaturan personel untuk dirinya sendiri dan orang lain, memanfaatkan jabatannya untuk mencari keuntungan bagi orang lain, dan menerima sejumlah besar uang dan barang berharga sebagai imbalan."

Baca Juga: Taiwan Balas Ancaman China, Presiden William Lai: Kediktatoran Itu Kejahatan

Mantan menteri pertahanan tersebut disebut "sangat mencemari lingkungan politik sektor peralatan di militer dan etika industri terkait."

Li menghilang pada akhir Agustus tahun lalu dan kemudian dipecat pada Oktober. Keduanya sebelumnya telah dikeluarkan dari Komisi Militer Pusat CPC, yang juga dipimpin oleh Xi.

Li digantikan oleh Dong Jun, yang sebelumnya adalah seorang komandan angkatan laut China sebelum ditunjuk sebagai menteri pertahanan pada Desember lalu.

Dia diberhentikan dari jabatannya sebagai menteri negara dan menteri pertahanan berdasarkan keputusan badan perundang-undangan tertinggi negara, Dewan Tetap Kongres Rakyat Nasional, seperti dilaporkan The Straits Times.

Li dicopot sebelum digelarnya forum keamanan tingkat tinggi, Forum Xiangshan, di Beijing pada Oktober tahun lalu.

Menteri pertahanan China biasanya memainkan peran kunci dalam acara tersebut dengan berbicara dalam upacara pembukaan dan menjadi tuan rumah bagi rekan-rekan asingnya.


 



Sumber : Anadolu/Xinhua/The Staits Times



BERITA LAINNYA



Close Ads x